Begini Lho Cara Membekukan Makanan!


Begini Lho Cara Membekukan Makanan!

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pada dasarnya menyimpan makanan dengan cara dibekukan merupakan salah satu cara di antara berbagai cara untuk mengawetkan makanan. 

Inti dari mengawetkan makanan sendiri adalah untuk mempertahankan masa simpan makanan agar layak dikonsumsi dan untuk mempertahankan mutu makanan dari kerusakan. 
Untuk membekukan sayuran, perlu cara khusus yaitu dengan metode blanching atau dengan cara mencelup sayuran ke dalam suhu panas sesuai waktu yang dibutuhkan.
Blanching bertujuan menghentikan aktivitas enzim pada sayuran dan membunuh mikroorganisme yang ada di permukaan sayuran. 
Namun, blanching jangan dilakukan berlebihan karena membuat sayuran terlalu matang, warna berubah, dan nutrisinya berkurang.
Metode blanching terdapat dua macam cara, yaitu blanching dan steam blanching.
Blanching adalah cara yang paling mudah, kita tinggal mencelupkan sayuran ke dalam air panas. Perbandingan antara air dan sayuran adalah 4:1.
Masukkan sayuran ke dalam keranjang atau peniris saat mencelupkan sayuran, biarkan air tetap mendidih selama proses blanching.
Steam blanching adalah dengan cara pengukusan. 
Metode ini membutuhkan waktu relatif lama dibandingkan dengan blanching. Jangan mengisi air kukusan terlalu penuh, beri jarak saringan pengukus kurang lebih 5-6 cm.
Namun, tidak semua sayuran dapat dibekukan dengan sempurna misalnya sayuran dengan kadar air yang cukup tinggi seperti selada hasilnya akan kurang baik saat dicairkan (thawing).
(Tribunnews)

Related

Info Unik 5265399190404505833

Post a Comment

item