Trik Memilih Kartu Kredit Sesuai Kepribadian

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kartu kredit yang tepat bisa membantu Anda menciptakan kebiasaan finansial yang sehat. Dengan memilih kartu kredit yang sesuai gaya hidup Anda, Anda juga bisa berhemat banyak.
Apakah Anda senang belaja? Orang yang sering bepergian? Atau tipe yang anti berutang? Untuk memilih kartu kredit yang tepat, tentukan tipe kepribadian Anda terlebih dahulu, lalu simak penjelasan berikut seperti dikutip dari CekAja.com:

Si gila belanja
Kartu kredit yang dibutuhkan:
√ Bunga rendah
√ Reward
√ Cash back
√ Diskon retail/bensin

Si gila belanja pasti akan diuntungkan dengan kartu kredit yang punya bunga rendah sehingga cicilan jangka panjang tidak menjadi beban.
Tipe ini hampir selalu mengandalkan kartu kredit untuk setiap transaksi, sehingga memiliki kartu kredit dengan reward tinggi akan sangat menguntungkan. Karena biasanya reward yang terkumpul bisa ditukarkan dengan voucher belanja.
Anda yang gila belanja bisa memilih kartu kredit dengan 1 poin reward untuk pembelanjaan Rp 500 dibandingkan kartu kredit dengan 1 poin reward setiap belanja Rp 5.000. Cari juga kartu kredit yang banyak memiliki promo diskon khusus dan cash back belanja retail.

Si cermat

Kartu kredit yang dibutuhkan:
√ Reward
√ Cash back
√ Travel reward
√ Diskon retail/bensin

Si cermat senang menghitung dan penuh pertimbangan sebelum membeli sesuatu. Tipe ini tertarik dengan semua keuntungan yang didapat karena pembelanjaan. Jika dirasa semakin untung, semakin sering pula kartu kredit digunakan.

Si bisnis traveler


Si bisnis traveler

Kartu kredit yang dibutuhkan:
√ Travel reward
√ Kartu kredit korporat

Anda yang sering bepergian untuk urusan bisnis di dalam maupun luar negeri wajib punya kartu kredit travel. Biasanya kartu kredit jenis ini dilengkapi dengan diskon khusus untuk pembelian tiket maskapai tertentu, akumulasi miles yang lebih menguntungkan, asuransi perjalanan gratis, serta fasilitas airport lounge.

Ibu rumah tangga

Kartu kredit yang dibutuhkan:
√ Reward
√ Cashback
√ Diskon retail/bensin

Ibu rumah tangga selain mengurus anak dan suami juga berperan sebagai menteri keuangan keluarga. Mulai dari mengorganisasi makanan yang terhidang di meja, mengantar jemput anak sampai jadwal keluarga, semua ibu yang lakukan.
Oleh karenanya ibu rumah tangga membutuhkan kartu kredit yang bisa memberikan reward, cashback (karena bisa digunakan untuk belanja bulanan selanjutnya), diskon khusus di supermarket langganan, dan diskon bensin.
Kerepotan ibu rumah tangga berkurang karena ada fasilitas tagihan rutin bulanan untuk internet, asuransi, TV kabel, telepon selular prabayar dan pascabayar.

Si takut miskin



Si takut miskin

Kartu kredit yang dibutuhkan:
√ Bunga rendah
√ Bebas biaya iuran tahunan seumur hidup

Si takut miskin sebisa mungkin menghindari penggunaan kartu kredit karena takut terjerat utang. Tipe ini sangat perhitungan, sering merasa bunga terlalu tinggi, dan hanya membeli sesuatu jika dirasa perlu.
Prinsipnya, kartu kredit hanya digunakan saat benar-benar mendesak. Reward dan cashback bukan prioritas karena si takut miskin terbilang jarang belanja.
Supaya ketakutan tidak semakin menjadi, tipe ini butuh kartu kredit dengan bunga rendah. Tipe ini makin lega jika memiliki kartu kredit yang bisa menggratiskan iuran tahunan seumur hidup. Karenanya mereka tidak tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk kartu kredit yang jarang dipakai. (Baca juga: 7 Alasan Ketinggalan Zaman Saat Orang Indonesia Menolak Asuransi)


Si pemula

Kartu kredit yang dibutuhkan:
√ Bunga rendah
√ Iuran tahunan murah atau gratis di tahun pertama

Anda yang baru punya kartu kredit dan masih belajar tentang sistematika perhitungan tagihan dan reward sebenarnya bebas memilih kartu kredit manapun. Tapi jika ingin makin untung pilihlah kartu kredit yang menawarkan bunga rendah dan iuran tahunan murah atau gratis.
Setelah cukup terbiasa dan mengenal manfaat kartu kredit, di tahun berikutnya Anda bisa memilih kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
Misalnya kalau Anda rutin belanja di supermarket tertentu, Anda bisa pilih kartu kredit yang rekanan dengan supermarket. Kalau sering bepergian pilihlah kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai, dan sebagainya.

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 5910240891679357475

Post a Comment

item