5 Kesalahan yang Bikin Bisnis Online Bangkrut



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Jika Anda adalah seseorang yang pernah mencoba bisnis online dan mengalami kegagalan seperti penurunan tingkat penjualan, maka ada kesalahan di dalam bisnis Anda.
Kesalahan tersebut dapat berupa aspek-aspek dalam bisnis yang kurang diperhatikan dan dapat membuat merek tidak dikenal atau minat konsumen yang berkurang.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pebisnis online :

1. Tidak menyesuaikan penawaran dengan permintaan
Banyak yang menjalankan bisnis online tanpa memikirkan permintaan pasar, mereka menjual barang yang tidak dibutuhkan oleh orang. Sebaiknya, sebelum membangun bisnis online, lakukanlah validasi pasar dengan 3 cara berikut:

a. Mengukur permintaan pasar
Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google adwords keyword planner dengan cara memasukkan produk serta lokasi Anda, dengan sekejap, aplikasi ini akan memberikan Anda informasi mengenai jumlah pencari produk tersebut.
b. Memprediksi tren
Banyak produk yang sifatnya hanya sementara dan agar penjualan dapat terus stabil, Anda harus dapat memprediksi pola permintaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengukur tren adalah dengan menggunakan Google trend.
Anda hanya perlu mengetik nama produk pada aplikasi tersebut, dan Google trend akan menunjukkan grafik yang menunjukkan permintaan terhadap produk tersebut.
c. Mengukur persaingan
Semakin banyak pesaing, berarti semakin tinggi permintaan atas produk yang dijual, Anda harus memanfaatkan persaingan ini untuk mencari produk mana yang mempunyai kuantitas penjual yang cukup banyak.
Manfaatkan fasilitas pencarian di Google dengan mengetik “Jual [jenis produk]”. Cermati toko online yang menjual produk serupa dan apa yang dapat dilakukan untuk lebih unggul dibandingkan mereka.

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 1071224412699254051

Post a Comment

item