Berkat Program Unggulan Bupati Suwirta, Masyarakat Nusa Penida Nikmati Beras Lokal Harga Murah

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Melalui BUMDes, masyarakat Nusa Penida mulai saat ini bisa menikmati beras lokal dengan harga yang sama dengan di Klungkung Daratan. Hal ini dikarenakan Pemerintah kabupaten Klungkung dengan program ungulannya yaitu Distribusi Beras Lokal Melalui BUMDes, telah resmi diluncurkan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Kamis (25/5) di halaman Kantor Camat Nusa Penida.  Peluncuran program ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis beras 10kg produksi lokal dengan kwalitas bagus oleh BUpati Klungkung I Nyoman Suwirta kepada seluruh Perbekel sekecamatan Nusa Penida yang berjumlah 14 orang.

Kabid Produksi Dinas Pertanian Wayan Sumatra mengatakan program dengan jargon Beli Mahal Jual Murah, ini adalah murni gagasan dari Bupati Suwirta. Program ini dirancang mengingat tingginya ketimpangan harga beras antara Klungkung Daratan dengan Klungkung Kepulauan yakni Nusa Penida.

“Beras lokal yang biasa dijual di Nusa Penida per kilogramnya berkisar seharga Rp 11 ribu keatas, dengan program ini masyarakat di desa akan bisa memperoleh dengan harga Rp 9.700, Bumdes tidak boleh mematok harga diatas Rp 9.700 karena sudah disubsidi transport oleh Pemkab,” ujar Wayan Sumatra.  
 Untuk program ini, KUD Takmung mendistribusikan sebanyak 14 ton beras pada bulan ini. Masing masing BUMDes disalurkan 1Ton beras dengan perkilo harga perkilonya Rp 9.500.

Sementara itu Bupati Suwirta berharap BUMDes kedepannya akan banyak menyerap beras ini untuk dipasarkan kepada masyarakat. Namun dirinya tidak menampik akan timbul gejokan dari para pedagang beras karena harga jual BUMDes yang lebih murah. Untuk itu Bupati meminta para pengelola BUMDes untuk merangkul para pedagang beras serta menjelaskan bahwa program ini adalah murni demi kesejahteraan masyarakat utamanya untuk warga yang kurang mampu.

“Semoga melalui program ini, inflasi yang terjadi di Nusa Penida dapat dikurangi, disamping dapat menurunkan inflasi, program ini juga merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan keadilan antara Klungkung daratan dan kepulauan,"tambah Bupati Suwirta.

(HUMASKLK/Jim)

Related

Warta Semarapura 3205714622660449934

Post a Comment

item