Bupati dan Wakil Bupati Klungkung menghadiri acara Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bertepatan dengan Kegiatan Car Free Day yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung, setiap hari Minggu di lapangan Puputan Kabupaten Klungkung. Pada Minggu (7/5), Komisi Pemilu Provinsi Bali menyelenggarakan acara Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi yang dihadiri Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Dan Sumber Daya Manusia Wahyu Setiawan beserta rombongan didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bertempat di Lapangan Puputan Kabupaten Klungkung.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Ni Wayan Widhiasthini selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa ditetapkannya Kabupaten Klungkung sebagai tempat acara antara lain, pertama, Kabupaten Klungkung merupakan salah satu peserta pada Pemilu Kepala Daerah yang diselenggarakan pada Tahun 2018, kedua, KPU Provinsi bali menilai bahwa masyarakat serta Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung memiliki antusiasme yang tinggi terhadap berbagai kegiatan, kegiatan Masyarakat sadar Demokrasi merupakan kegiatan yang diikuti oleh siswa, Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi, jajaran pemerintah serta masyarakat Kabupaten Klungkung, merupakan gerakan yang diinisiasi untuk menanamkan kesadaran berdemokrasi sejak dini, sehingga tidak saja bermuara pada partisipasi optimal dalam pemilu, tetapi juga menghadirkan kesadaran yang bersifat inklusif.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara Masyarakat Sadar Demokrasi merupakan suatu niat yang baik dari Komisi Pemilihan Umum untuk bisa memaksimalkan mensosialisasikan arti penting sebuah demokrasi, Demokrasi tidak hanya berjalan ketika masyarakat memilih Bupati dan Wakil Bupati, anggota Legistlatif. Tetapi Demokrasi juga berperan dalam kehidupan rumah tangga, Sekolah, Desa, Kecamatan dan lain-lainnya, semua mengamalkan demokrasi. Bupati Suwirta mengharapkan kepada para remaja agar tidak bersifat apatis (tidak Golput) menyerahkan diri kepada keadaan juga, Serta mengharapkan agar Acara ini dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya demokrasi kepada seluruh lapisan masyarakat, sehingga nanti pada Pemilu 2018 mendatang bisa berjalan dengan sukses.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Dan Sumber Daya Manusia Wahyu Setiawan dalam sambutannya menyampaikan Kabupaten pertama di Provinsi Bali yang mengadakan acara Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi. KPU Republik Indonesia mengupayakan Pilkada 2018 dapat menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa mempererat persaudaraan masyarakat Indonesia. Acara ini sangat penting, karena acara ini merupakan "dari Klungkung untuk Indonesia" Ujar Wahyu Setiawan. Wahyu Setiawan mengharapkan semangat Masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung dapat menginspirasi Pemilu Daerah damai di Wilayah Republik Indonesia tahun 2018 mendatang. pada akhir sambutan Bapak Wahyu Setiawan turut membuka acara Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi dan juga menyerahkan Plakat KPU Kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Acara Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi diisi dengan berbagai acara diantaranya, Senam Kebugaran, pementasan Tari Puspa Wresti dari siswi (Penyandang Tuna Rungu) SLB Negeri 1 Klungkung, Mimbar Demokrasi dan acara lainnya. Disela-sela Acara Bupati Suwirta memberikan doorprize kepada siswa SMA yang sudah melakukan Perekaman KTP. Dalam acara tersebut turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Ketua KPU Kabupaten Klungkung I Made Kariada, FKPD Kabupaten Klungkung dan masyarakat Kabupaten Klungkung juga para penyandang disabilitas yang nantinya akan ikut berpartisipasi dalam pemilu 2018 mendatang. 

(Hmsklk/cok) 

Related

Warta Semarapura 2087130723709678936

Post a Comment

item