5 Keuntungan Kerja di Daerah Terpencil yang Wajib Kamu Tahu


pulau-terpencil-130603c.jpg

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Banyak orang mengabdikan dirinya untuk bekerja sebagai karyawan di ibu kota Jakarta. Padahal, banyak sekali peluang baik yang ditawarkan di beberapa daerah terpencil. Meski dari segi gaji berbeda cukup jauh, tapi pengalaman yang didapatkan juga setimpal.

Apalagi kalau pekerjaan ini bisa mendukung passion Anda, pasti makin tertarik, kan? Terkadang orang-orang yang memiliki gaji besar cenderung bekerja hanya untuk mencari uang. Akibatnya, beberapa dari mereka sering merasa kelelahan dan mudah bosan.



Selain passion, apa lagi sih keuntungan bekerja di daerah terpencil? Simak ulasannya 
1. Tidak konsumtif

Di mana biasanya Anda menghabiskan uang bulanan Anda? Di pusat perbelanjaan/mal? Ini tak akan lagi jadi masalah ketika Anda bekerja di daerah terpencil.

Kenapa? Bertemu mal saja susah, bagaimana menghabiskannya? Kalau pun ingin berbelanja, Anda akan lebih memilih pasar tradisional, dan itupun hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini cukup membawa dampak positif bagi keuangan Anda, kan?

2. Memiliki tabungan lebih

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan uang untuk hal-hal yang penting saja, kesempatan memiliki tabungan lebih bukan hanya angan-angan.

Tabungan ini bisa Anda manfaatkan lagi untuk sesuatu yang akan Anda tekuni dalam kurun jangka panjang. Seperti berwirausaha, atau tambahan saat harus dipindah tugaskan ke kota besar.

3. Solidaritas tinggi

Sudah bukan rahasia umum kalau kerukunan masyarakat di desa menjadi hal utama karyawan di kota besar untuk pulang ke daerah asalnya. Ini adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan: melihat masyarakatnya yang begitu rukun, teman kerja yang solid, akan membuat Anda merasa betah bekerja di daerah terpencil. 

Di pedesaan, Anda juga akan tertular semangat gotong royong yang sudah sulit ditemukan di perkotaan. Keuntungan lainnya, ketika para tetangga sedang menuai hasil panen, mereka tak segan untuk membaginya. Wah, kebayang kan bisa irit bahan pokok nih!
4. Tingkat kriminalitas dan kejahatan rendah

Meski kejahatan dan kriminalitas tak pernah memandang tempat dan waktu, tingkat kejahatan di kota lebih besar dibandingkan dengan di desa/daerah terpencil. Terbukti dari banyaknya pemberitaan di media massa tentang kriminalitas yang terus terjadi, bahkan hampir setiap hari.

Sehingga Anda tak perlu khawatir berlebihan ketika harus pulang larut malam, karena biasanya masih ada petugas siskamling yang masih berjaga hingga pagi. Tetap waspada dan utamakan keselamatan diri sendiri ya!

5. Punya cerita menarik

Walau banyak keuntungan yang di dapat, bekerja di desa terpencil juga bisa membuat Anda bosan. Apalagi saat ingin berhubungan dengan teman-teman melalui jejaring sosial media, tapi jaringan internet tidak mendukung, atau ketika butuh refreshing di pusat perbelanjaan, tapi yang didapat justru hiburan ala pedesaan.

Jangan salah, justru hal ini bisa menjadi cerita yang akan Anda kenang ketika berada di kota. Fasilitas yang kurang memadai, akan menjadikan Anda sosok yang kuat karena berhasil melewati hal-hal yang tak biasa.

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 6177245748698633171

Post a Comment

item