Eksistensi Beras Lokal dengan Program Beli Mahal Jual Murah

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Program pendistribusian beras lokal Klungkung kepada masyarakat merupakan salah satu program unggulan Pemkab Klungkung dalam upayanya memberdayakan petani dan beras lokal. Melalui program Beli Mahal Jual Murah, Koperasi Unit Desa (KUD) yang diajak kerjasama membeli gabah dengan harga mahal namun menjualnya dengan harga murah, sehingga KUD didorong untuk tidak ambil untung yang besar. Selain pemberdayaan, program ini juga berupaya mengendalikan inflasi yang terjadi didaerah plosok seperti Nusa Penida. Kecamatan Nusa Penida yang dipisahkan oleh lautan mengalami inflasi yang diakibatkan oleh tingginya harga kebutuhan pokok.

Mungkin seperti itu sedikit gambaran dari  kegiatan rapat monitoring dan evaluasi penyerapan gabah petani dan pendistribusian beras produksi lokal oleh KUD, yang bertempat di ruang rapat kantor Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung. Dalam rapat tersebut hadir Wakil Bupati I Made Kasta, asisten administrasi dan Pembangunan Sekretaris daerah Kab. Klungkung Ketut Suayadnya, Kadis Pertanian  Ida Bagus Juanida, selasa (20/6) kemarin.

Selain masalah harga, di rapat tersebut juga dibahas kendala apa saja yang dialami oleh KUD  dalam pendistribusian gabah dan beras tersebut agar sampai di masyarakat.
dalam laporannya Kadis Pertanian Ida Bagus Juanida ada beberapa kendala yang membuat berkurangnya produksi beras lokal di klungkung antara lain,system pola tanam yang berubah, banyaknya lahan yang beralihfungsikan dan sumber daya air yang sekarang semakin berkurang.

Wabup Kasta berharap  KUD sebagai penunjang program pemerintah dalam mendistribusikan beras lokal kepada masyarakat. Adapun KUD yang ditunjuk antara lain, KUD Artha Wiguna Gelgel, KUD Panca satya Dawan, dan KUD Jaya Werdhi Takmung, “apapun permasalahan yang ada di KUD tentang pendistribusian beras lokal agar dikomunikasikan dengan dinas terkait agar bisa dicarikan solusi,” ujar Wabup Kasta.

Seusai rapat, tim langsung meninjau kelapangan dan melihat langsung keadaan di KUD ditunjuk guna menjalankan program pemerintah yakni Beli Mahal Jual Murah. Sehingga kendala yang ada di KUD bisa langsung dicarikan solusi oleh tim.

(HumasKlk)

Related

Warta Semarapura 6073923078544189447

Post a Comment

emo-but-icon

item