Jakarta masih lengang, tak ada penutupan jalan buat rombongan Obama



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Liburan Presiden Ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, di Indonesia tengah menjadi perhatian. Meski diterapkan keamanan ketat, kehadiran Obama dan rombongan tidak sampai diberlakukan tutup jalur. Khususnya ketika menghadiri sejumlah acara di Jakarta.

Kebijakan ini lantaran kondisi lalu lintas ibu kota masih tergolong lengang di musim libur Lebaran ini. Meski begitu, kepolisian memastikan telah mengatur keamanan rombongan Obama tersebut.

"Tidak ada penutupan-penutupan (jalan di wilayah Jakarta Pusat). Semua sudah ter-setting, baik beberapa objek, maupun beliau makan, acara, kemudian nanti besok ke Istana Bogor. Semua sudah kita lakukan pengamanan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Suyudi Ario Seto, kepada wartawan, Jumat (30/6).

Obama dikabarkan bermalam di penginapan mewah Hotel Mandarin, Jakarta Pusat. Beberapa lokasi bakal dihadiri Obama juga telah mendapat pengamanan nomor wahid.

"Pengamanan biasa saja. Baik jalur, obyek, maupun akomodasi," terangnya.

Untuk diketahui, Obama, dijadwalkan bakal menyambangi Istana Bogor, hari ini. Pelbagai persiapan sudah dilakukan. Namun, tidak ada upacara kenegaraan dalam menyambut Obama.

Hal itu diungkapkan Komandan Kodim 0606/Kota Bogor, Jawa Barat, Letkol Inf Dodi Suhardiman. "Penyambutan lebih santai, tidak ada upacara kenegaraan, lebih kekeluargaan," kata Dodi, Jumat (30/6). Seperti diberitakan Antara.

Dodi menyebutkan, pengamanan tetap diprioritaskan sesuai standar operasi tamu sangat-sangat penting (VVIP), tetapi tidak mencolok sesuai permintaan dari Obama. "Sesuai permintaan, Obama tidak ingin terlalu resmi, tapi kita tetap sesuai SOP pengamanan tamu negara," ujarnya.

Obama juga dijadwalkan menghadiri kegiatan 'Indonesian Diaspora Networking Global' (IDNG) pada Sabtu besok. Acara tersebut berlangsung di Kota Kasablanka, Jakarta.

(Merdeka.com)

Related

Indonesia 1612951596847252415

Post a Comment

item