Kiat Mendidik Anak Remaja untuk Menghargai Uang


Buat Anak Pintar Atur Uang dengan 5 Cara Ini

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Mengajarkan hal-hal positif akan lebih baik bila dilakukan mulai dari usia masih muda. Tak terkecuali mengenai cara menghargai uang. Memelihara sikap menghargai uang dengan baik akan membuat anak-anak lebih bijak dalam mengelola penghasilan kedepannya.
Sehingga nantinya ketika sudah memiliki penghasilan sendiri, mereka tak bisa menghindari hal-hal yang dapat membuat kondisi keuangan menjadi kritis.

Namun bukanlah hal yang mudah mengajarkan pada anak tentang menghargai keberadaan uang.
Perlu penanaman dari dini sehingga anak-anak bisa terbias . Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mendidik anak-anak remaja anda tentang cara menghargai uang, seperti mengutip cermati.com, Minggu (4/6/2017)
1. Berikan contoh terlebih dahulu
Ketika anda akan mengajarkan anak untuk menghargai uang, hal pertama yang harus diperbuat adalah memberikan contoh terlebih dahulu.
Kebanyakan anak-anak akan lebih sering belajar dan meniru kebiasaan-kebiasaan  dari orang tua. Sebab itu akan sangat penting bagi Anda untuk bersikap baik agar dapat ditiru anak-anak.
Anda bisa membiasakan diri untuk membelanjakan uang untuk hal-hal yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan serta membiasakan diri untuk menabung.
Anda juga bisa mencoba untuk berbicara langsung pada anak-anak mengenai kondisi keuangan keluarga sehingga nantinya mereka bisa memahaminya. Setelah itu barulah Anda bisa mengajak anak-anak untuk mulai membangun kebiasaan-kebiasaan baik agar bisa berdampak positif kedepannya.
2. Tanamkan Kebiasaan Menabung
Kebiasaan menabung adalah kebiasaan yang positif dan perlu ditanamkan kepada anak-anak mulai dari usia muda. Dengan menabung, akan membantu untuk mengatur keuangan kedepannya. Bahkan anak bisa membantu untuk mengatur keuangan keluarga.
Untuk itu sebisa mungkin dorong keinginan anak-anak untuk menyisihkan 10 persen uang saku mereka untuk ditabungkan. Uang yang ditabung tersebut dapat digunakan untuk keperluan-keperluan darurat yang membutuhkan dana segera.
Dengan membangun kebiasaan menabung dari dini, dapat membuat anak-anak belajar untuk menghargai uang yang mereka miliki dan kebiasaan ini akan berlanjut hingga mereka beranjak dewasa.

3. Mengajari menyusun anggaran


Cara lainnya yang bisa diajarkan pada anak-anak untuk menghargai uang adalah dengan mengajarkan mereka tentang menyusun anggaran. Tak perlu muluk-muluk, anda hanya perlu mengajari mereka hal yang realistis saja yaitu menyusun anggaran yang berasal dari uang mereka sendiri.
Misalnya saja, meminta anak-anak untuk bertanggung jawab mengenai anggaran ketika akan berbelanja bulanan.
Kemudian meminta anak untuk menginformasikan hal-hal apa saja yang mereka belanjakan dari anggaran yang mereka susun. Cara-cara seperti ini akan membiasakan mereka untuk dapat membelanjakan uang yang mereka miliki sehari-harinya. Sehingga nantinya anak-anak tak akan membelanjakan uang mereka untuk hal-hal yang tidak penting.
Ajarkan anak-anak untuk menggunakan uang melalui ATM. Ajarkan mereka bagaimana cara bertransaksi melalui ATM mulai dari menyetor hingga menarik uang melalui ATM.
4. Ajarkan mengenai tagihan
Anda juga perlu mengajarkan anak-anak mengenai tagihan-tagihan yang wajib dibayarkan tiap bulannya seperti tagihan listrik, air, telepon, internet, dan lainnya.
Ajarkan pula pada mereka bagaimana cara agar tagihan-tagihan tersebut tidak membengkak di akhir bulan. Contoh-contoh sederhana seperti matikan air, lampu, atau alat-alat elektronik  lainnya yang tak diperlukan.
Jangan lupa untuk mengajarkan anak-anak mengenai hal-hal lainnya seperti:
  • Pemasukan yang anda dapatkan tiap bulan
  • Jumlah pemotongan gaji
  • Pendapatan bersih setelah dikurangi biaya-biaya kewajiban
  • Jumlah dan metode yang dilakukan setiap bagian pembayaran
Sehingga nantinya setelah mereka sudah bekerja, mereka bisa mengelola pemasukan yang mereka miliki beserta kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi.
Bila anak-anak anda masih belum paham, Anda bisa membantu mengelola gaji pertama yang mereka dapatkan. Gunakan metode yang sudah diajarkan sebelumnya.
Pentingnya Mengajarkan Dari Dini
Mengajarkan anak untuk dapat mengatur dan mengelola uang dengan baik harus diajarkan mulai dari usia muda. Tak perlu menunggu anak-anak anda beranjak dewasa ataupun memiliki penghasilan untuk mengajarkannya. Hal ini dikarenakan kebiasaan tak dapat mudah terbentuk.

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 6793237085552934311

Post a Comment

item