Wabup Kasta Hadiri Peringatan Hari Kanker International

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  Peringatan Hari Kanker International, deteksi dini wujudkan wanita Indonesia bebas kanker serviks dan kanker payudara yang diselenggarakan Ikatan Adhyakasa Dharmakarini Daerah Klungkung dihadiri Wakil Bupati Klungkung Made Kasta yang didampingi Ketua DPRD Klungkung Wayan Baru, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Klungkung Ny, Ayu Suwirta. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut juga turut hadir Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Jaya Kusuma, Kepala Kejaksaan Negeri Klungkung Syaifful Alam Yuliastana serta Kepala Kejaksaan Negeri se-Bali. Kegiatan tersebut bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Klungkung, Selasa (24/10/2017).
Dalam sambutan Bupati Klungkung Nyoman Suwirta yang dibacakan Wakil Bupati Klungkung Made Kasta menyampaikan kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim dimana semua wanita punya resiko tarkena kanker tersebut, terutama wanita yang aktif secara seksual. Adapun gejala-gejala dari penyakit ini adalah pendarahan yang tidak normal dari vegina, keputihan dan berbau, rasa sakit tiap kali berhubungan suami istri, perubahan siklus manstruasi  (menstruasi lebih dari 7 hari, pendarahan yang banyak).
Lebih lanjut, Wabup Made Kasta menambahkan untuk di kabupaten Klungkung sendiri dari bulan Januari sampai bulan September 2017 ada sekitar 1.699 orang yang sudah melakukan pemerikasaan baik SADARI maupun IVA. Maka dari itu, untuk kedepannya ibu-ibu agar lebih melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker baik itu kanker servik maupun kanker payudara. “Selalu berperilaku hidup bersih dan sehat dengan cara secara rutin melakukan pemerikasaan IVA, PAP Smear, SADARI setahun sekali karena semakin dini ditemukan kanker ini maka pengobatan hasilnya akan semakin baik”, Harapnya.
Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Jaya Kusuma mengatakan melihat  belakangan ini yang terjadi sudah banyak yang menderita penyakit kanker terutama terhadap kaum ibu-ibu, sehingga kegiatan tes IVA ini dilakukan untuk mencegah agar penyakit kanker itu tidak menular. Kegiatan ini juga sudah dilakukan diseluruh Kabupaten/Kota se-Bali. Tujuan kegiatan Peringatan Hari Kanker International ini yakni untuk mencegah dan mewujudkan sedini  mungkin wanita Indonesia, khususnya di Kabupaten Klungkung agar hidup sehat dengan hidup sehat nantinya bisa melahirkan generasi wanita yang kuat dan terbebas dari kanker.

Related

Warta Semarapura 2424018681321268217

Post a Comment

item