Stand Wayang hinggga Pis Bolong di PKB Ke-39


www.nusabali.com-stand-wayang-hinggga-pis-bolong-di-pkb-ke-39

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Ratusan  peserta pameran Usaha  Kecil Menengah (UKM) berharap  memperoleh omset penjualan sebanyak-banyak di arena Pesta Kesenian Bali (PKB) yang berlangsung 10 Juni hingga 8 Juli di Taman Budaya Denpasar.

Dari lukisan wayang hingga pameran kerajinan pis bolong terlihat sudah siap dengan gerainya. Rata-rata para peserta mengaku sudah ikut pameran sebelumnya. “Mungkin sudah lima kali,” ujar  Ni Made Sinarwati, salah seorang peserta yang memajang lukisan wayang, yakni lukisan wayang Kamasan Klungkung.

Selama mengikuti pameran di PKB,  Sinarwati mengaku  produk yang dia pajang laku. “Cukuplah untuk sewa stand,”  ujar Sinarwati. Hanya pada PKB  2016, dia bersama peserta lain yang pameran di stand barat sebelah barat Gedung Ksirarnawa tertimpa musibah. Stand tersebut terbakar, sehingga barang-barang termasuk lukisan wayangnya terbakar.

I Komang Mahayana, peserta lainnya memajang aneka kerajinan berbahan logam. Antara lain kerajinan pis bolong dengan beberapa produk turunannya. Mulai dari salang, patung pis bolong, tigasan, hingga palinggih. Benda-benda berbahan pis bolong itu dominan untuk kepentingan upacara keagamaan. “ Niki bos punya. Pak Sukma,” ujar Komang Mahayana, asal Klungkung.

Dari pantauan semua peserta pameran UKM, tengah sibuk.  Mereka memajang dan menata barang yang dipamerkan. PKB rencananya dibuka Sabtu (10/6) di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali di kompleks Niti Mandala Renon- Denpasar. 

(NusaBali)

Related

Berita Ekonomi 974425650901076716

Post a Comment

item