Bupati Klungkung Hadiri Pembukaan Apkasi 2017

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Hadapi Persaingan Global, Pembangunan Harus Dilakulan Dengan Langkah Inovasi, Kreatifitas dan Entreprenuer 

Pembangunan di daerah dapat berjalan dengan baik apabila dilakukan dengan langkah inovasi, kreatifitas dan entreprenuer.  Ketiga kunci pembangunan ini harus berjalan maksimal untuk menghadapi perkembangan global seperti sekarang.

Tiga kunci pembangunan tersebut dipastikan sudah dilakukan dalam pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Klungkung. Hal ini ditegaskan Bupati Klungkung,I Nyoman Suwirta disela-sela menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tahun 2017 dan Apkasi Otonomi Expo 2017 di Gedung Cendrawasih Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (19/7/2017). 

"Sebenarnya ketiga kunci pembangunan ini sudah kita lakukan dalam pelaksanaan pemerintahan di Klungkung," ujar Bupati Suwirta. 
Menurut Bupati, sejalan dengan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat membuka Rakernas Apkasi 2017 dan Apkasi Otonomi Expo 2017 bahwa Pemerintah daerah harus menyiapkan diri dalam menghadapi persaingan global dengan melakukan berbagai inovasi, kreatifitas dan entreprenuer. Salah satu inovasi yang telah dilakukan Pemkab Klungkung adalah program aksi "Gema Santi" atau gerakan masyarakat santun dan inovatif. "Salah satu inovasi kita di Klungkung adalah program aksi Gema Santi," sebutnya.

Dalam menghadapi persaingan global, menurut Suwirta, Klungkung harus bisa menunjukkan keunggulan yang dimiliki. Salah satunya adalah pariwisata. Seperti konsep city tour dan smartcity di Klungkung daratan dan berbagai potensi lainnya yang ada di wilayah kepulauan. "Sekarang Klungkung golnya pariwisata dengan potensi didalamnya namun tidak mengesampingkan potensi unggulan yang sudah menjadi kebutuhan pokok yakni pertanian dan peternakan," ujarnya.

Bupati menambahkan, perkembangan pariwisata di Klungkung kepulauan juga harus dibarengi dengan pengelolaan yang baik yakni dengan mewujudkan pelabuhan segitiga emas. Dengan konsep satu pelabuhan di setiap pulau ini akan memudahkan pengawasan yang otomatis juga akan meningkatkan PAD Kabupaten Klungkung. 

Presiden RI, Joko Widodo dalam amanatnya mengajak semua kepala daerah untuk menyadari perubahan yang terjadi. Menurut Jokowi, pemerintah daerah harus menyiapkan diri menghadapi persaingan global yang berkembang sekarang ini dengan melaksanakan pembangunan dengan langkah inovasi, kreatifitas dan entreprenuer. "Tugas pemerintah daerah dalam menghadapi perkembangan global adalah menyiapkan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas," ujarnya. 

Rakernas Apkasi 2017 dan Apkasi Otonomi Expo 2017 mengambil tema Menumbuhkembangkan jiwa entreprenuer daerah dalam menghadapi persaingan global. Kegiatan yang dibuka Presiden Joko Widodo ini dihadiri para Bupati se-Indonesia. 

(Hmsklk/nom)

Related

Warta Semarapura 6796133588405139053

Post a Comment

item