Wabup Made Kasta Hadiri Puncak Karya Pura Puseh Desa Pekraman Penasan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bertepatan dengan rahina Buda Kliwon, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta, menghadiri puncak karya memungkah, tawur agung, penyejeg gumi di Pura puseh pemuteran desa pakraman penasan Rabu (19/7). Kehadiran Wabup Made Kasta yang didampingi Ny. Sri Kasta disambut para prajuru adat dan ratusan pengempon pura puseh Desa Pekraman 

Pada puncak karya ini digelar prosesi Upacara Pengebek, Pengenteg dan Pengodal dipuput oleh Ida Pedanda Gde Putra Tembau dari Gerya Aan bersama Ida Pedanda Gde Purwa Gotama dari Gerya Wanasari, Sidemen Karangasem. Sedangkan Upacara Mepeselang dipuput oleh Ida Pedanda Gde Made Tembau dari Gerya Kulon Aan bersama Ida Pedanda Gede Jelantik Sogatha dari Gerya Wanasari, Sidemen, Karangasem. 

Sedangkan prosesi Upacara Pedanan dipuput oleh Ida Pedanda Gde Putra Keniten dari Gerya Jumpung, Gelgel Klungkung. Rangkaian karya sudah dimulai sejak Jumat (26/5) diawali dengan Nuasen Karya dan akan berlangsung hingga Jumat (28/7) diisi prosesi Upacara Mendem Bagia Pulekerti.
 
Karya Memungkah, Tawur Gentuh, Mupuk Pedagingan, Ngenteg Linggih dan Pedudusan Agung ini  merupakan jenis upacara besar dalam kelompok Dewa Yadnya yang dilaksanakan serangkaian sudah selesainya renovasi beberapa pelinggih dan pura. Secara filosofis karya ini merupakan upacara penyucian kembali setelah siklus puluhan tahun upacara penyucian sebelumnya dan dimaksudkan untuk tetap mempertahankan kesucian pura. Tidak kalah pentingnya karya ini juga dimaksudkan memohon kerahayuan jagat. “ Pelaksanaan karya ini kami laksanakan secara swadaya, dilandasi semangat gotong royong dan ketulusan,” demikian Ketua Panitia Karya Ketu Sena didampingi Bendesa Pakraman Penasan Ketu Ardana.
 
Wabup menyambut positif semangat warga dalam melaksanakan yadnya. Ia berharap semangat gotong royomg itu agar terus dipupuk untuk dikemudian hari. Usai melaksanakan persembahyangan bersama, Wabup juga menyerahkan punia kepada pihak panitia.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Ketua DPRD Ida Ayu Made Gayatri, Ketua Majelis Madya Desa Pakraman Ketut Rupia Arsana dan undangan lainnya.

(HUMASKLK/Jim)

Related

Warta Semarapura 3359355597948312755

Post a Comment

item