Bupati Suwirta Bersama Wabup Kasta Hadiri 4 Ngben Masal di Nusa Penida

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Musim Upacara Ngaben tiba, sejumlah warga diwilayah di Kabupaten Klungkung, khususnya di Kecamatan Nusa Penida sudah mulai mempersiapkan prosesi upacara ngaben massal. Selaku pimpinan Daerah, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta serta Wakil Bupati Klungkung Made Kasta didampingi Ny. Sri Kasta, mengunjungi sejumlah warganya yang tengah mempersiapkan upacara ngaben massal, bertempat di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Minggu (23/7).

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Suwirta menyampaikan kepada seluruh warga di setiap-setiap kelompok ngaben masal agar selalu menjaga rasa persatuan dan kesatuan, rasa bergotong-royong yang kuat di dalam mempersiapkan upacara ngben masal ini dan tentunya harus dilaksanakan dengan rasa yang tulus ikhas, agar proses pengabenan bisa berjalan dengan baik dan lancar. “Kuatkan selalu rasa persatuan dan kesatuan, gotong-royong serta ketulusan yang ikhlas”, Harap Bupati Suwirta kepada kelompok warga ngaben masal di masing-masing Banjar yang dikunjungi.  


Lebih lanjut, selain memberikan dukungan moril demi kelancaran seluruh rangkaian upacara ngaben massal, kehadiran Bupati Suwirta ini juga untuk menunjukkan bahwa pemerintah peduli dan hadir ditengah masyarakat yang sedang melaksanakan Upacara Yadnya.  

Upacara Ngaben Masal ini rutin diselenggarakan sebagian besar desa adat di Kabupaten Klungkung. Selain sangat berguna untuk meringankan beban biaya, ngaben yang dilakukan secara massal juga dapat meringankan beban pekerjaan dan tentunya meningkatkan rasa gotong royong, serta merekatkan rasa kekeluargaan antar warga desa. Ngaben massal biasanya dilaksanakan dalam kurun waktu yang berbeda dimasing-masing desa adat.


Dalam perjalanannya kali ini, Bupati Suwirta bersama Wabup Kasta menghadiri 4 lokasi ngaben massal. Diantaranya di Tangkas Kori Agung, Banjar Adat Waru, Desa Klumpu, Banjar Rata, Desa Klumpu, Banjar Bungkil Desa Sekartaji, dan Paibon Banjar Jepun, Banjar Batumulapan Kangin, Nusa Penida.


Dimulai dari menghadiri Upacara Ngaben Masal di Tangkas Kori Agung, Banjar Adat Waru, Desa Klumpu menurut Ketua Panitia Upacara I Made Sarjana menyampaikan disini jumlah sawe yang diaben sebanyak 24 sawe puncak upacaranya tanggal 4 Agustus mendatang. Setelah itu, masih di Desa yang sama Bupati bersama Wabup Kasta melanjutkan menghadiri ngaben masal di Banjar Rata, Desa Klumpu dengan jumlah sawe sebanyak 36, di Banjar Bungkil jumlah sawenya sebanyak 22 sawe dan Puncaknya jatuh pada tanggal 26 Juli. Terakhir Bupati bersama Wabup Kasta menghadiri ngben masal di Paibon Banjar Jepun, Banjar Batumulapan Kangin dengan total sawe sebanyak 18 sawe dan puncaknya jatuh pada tanggal 26 Juli 2017. 

(Humasklk/puspa)

Related

Warta Semarapura 7671719823918019218

Post a Comment

item