6 Bahaya tak terduga dari menghirup asap dupa aroma terapi



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Aroma terapi tak hanya berasal dari minyak esensial yang dipanaskan saja. Namun juga bisa berasal dari dupa aroma terapi yang dibakar. Meski memberikan aroma yang menenangkan, namun menghirup asap dupa juga bisa membahayakan kesehatan yang sayangnya tidak kamu sadari.

Dilansir dari boldsky.com, inilah bahayanya untuk kesehatan tubuhmu.

Mengandung karsinogen
Peneliti mengklaim bahwa asap yang berasal dari rupa aroma terapi yang dibakar mengandung zat karsinogen seperti benzena, karbonil dan hidrokarbon poli aromatik. Zat ini mampu membahayakan kesehatan tubuhmu saat kamu menghirupnya secara berlebihan.

Mengiritasi mata dan kulit
Asap juga bisa mengiritasi mata dan kulit. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Menyebabkan peradangan
Bagi mereka yang menderita asma, berhati-hatilah dengan asap dupa aroma terapi yang kamu hirup. Sebab bisa menyebabkan radang pada paru-parumu.

Membahayakan sistem pernapasan
Menghirup asap aroma terapi dalam jangka panjang juga bisa membahayakan sistem pernapasan dan meningkatkan risiko kanker di saluran pernapasan.

Mempengaruhi kesehatan sel
Tingginya durasi paparan dan intensitas menghirup asap dupa berperan tinggi dalam mengakibatkan sejumlah kerusakan sel sehat tubuh.

Menyebabkan masalah ginjal
Menurut penelitian, paparan asap dupa aroma terapi juga mampu membahayakan ginjal karena tingginya kandungan zat besi, magnesium, dan timbal.

Selain bahaya tersebut, asap aroma terapi juga dapat mencemari lingkungan yang kemudian membuatmu mengalami sakit kepala dan masalah neurologis lainnya. 

(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 6625719030307426298

Post a Comment

item