9 Cara diet alami dan sehat untuk menurunkan berat badan secara cepat



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Banyak sekali cara diet alami yang ditawarkan baik oleh ahli kesehatan maupun penjual obat pelangsing. Terutama penjual obat atau ramuan pelangsing. Mereka berlomba-lomba mengiklankan produk dengan embel-embel herbal agar laris dan memberikan tips cara diet alami yang cepat bahkan dalam 1 minggu atau bahkan menjanjikan cara menguruskan badan secara alami tanpa diet. Tapi apakah produk yang mereka tawarkan aman? Tentu saja terkadang Anda sebagai konsumen suatu produk memiliki prasangka apakah produk yang dibeli tersebut benar-benar solusi cara diet alami yang benar atau malah nantinya merugikan.

Diet tidak melulu ketat atau bahkan harus memakai obat. Nyatanya banyak pula cara diet alami dan sehat tanpa obat yang mudah untuk dilakukan sendiri. Tapi mengapa harus diet?
Ilustrasi diet © Boldsky.com
Di zaman yang semakin kompleks ini, tingkat bahaya penyakit semakin tinggi. Diabetes, kolesterol, penyakit jantung tak lagi hanya menyasar orang-orang lanjut usia. Dewasa muda bahkan remaja pun bisa terkena penyakit tersebut.
Kelebihan berat badan atau yang biasa kita sebut dengan obesitas, memiliki banyak sekali potensi mengundang penyakit datang ke tubuh. Sebenarnya setiap orang memang diharuskan memiliki sejumlah lemak untuk menyimpan energi dan lainnya, namun jika jumlahnya berlebihan, maka lemak yang tertimbun dapat merugikan metabolisme tubuh.
Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami obesitas memang sudah seharusnya mencoba mencari cara menguruskan badan secara alami dengan cara diet alami dan sehat. Tapi sebelum Anda mengetahui cara diet yang alami dan sehat, alangkah baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu masalah kesehatan apa saja yang nantinya akan dialami oleh orang penderita kelebihan berat badan.

Obesitas

Secara kesehatan, seseorang dapat dikatakan mengalami obesitas ketika berat badan mencapai 15 persen lebih berat dari berat badan idealnya. Berikut pengelompokkan obesitas.
  • Obesitas ringan, kelebihan berat badan mencapai 20 persen hingga 40 persen.
  • Obesitas sedang, kelebihan berat badan mencapai 41 persen hingga 100 persen
  • Obesitas berat, kelebihan berat badan mencapai 100 persen
Banyak sekali masalah kesehatan yang timbul karena obesitas. Berikut macam-macam penyakit yang timbul akibat obesitas.

Gangguan Otak

Seperti yang dilansir dari My Health News Daily, obesitas dapat mempengaruhi otak seperti berikut:
  • Mengubah kerja sistem imun, risiko inflamasi menjadi meningkat. Kemudian inflamasi ini akan memengaruhi otak dan menghancurkan beberapa bagiannya sehingga suasana hati mudah berubah hingga sulit untuk menghentikan kebiasaan makan berlebih.
  • Demensia, berhubungan dengan inflamasi akibat obesitas, ternyata dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi gampang stress. Ukuran otak juga bisa mengecil akibat adanya lemak di perut sehingga risiko demensia dapat meningkat.
  • Merusak memori, menurut studi Journal of the American Society, hormon yang diproduksi oleh lemak bisa menyebabkan inflamasi sehingga memengaruhi bagian kognitif yang akibatnya membuat seseorang kehilangan ingatan.

Penyakit Jantung

Bahaya obesitas dapat memicu terjadinya serangan jantung, sebab lemak yang berlebih dapat menutupi pembuluh darah pada jantung sehingga menjadi tersumbat. Jika hal ini terjadi, maka serangan jantung pun dapat terjadi termasuk jantung koroner. Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit jantung antara lain :
  • Mengalami sakit pada bagian dada yang seperti ditekan
  • Sakitnya menjalar ke leher seperti tercekik dan ke lengan kiri
  • Sakit pada bagian ulu hati
  • Denyut nadi melemah
  • Mengeluarkan keringat dalam waktu yang cepat dan jumlah yang banyak.

Hipertensi

Obesitas memiliki hubungan yang erat dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini bisa terjadi akibat seringnya mengonsumsi makan penyebab darah tinggi, kolesterol dan lemak berlebih yang akhirnya dapat memicu penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah.
ilustrasi darah tinggi ©2016 Merdeka.com

Gangguan saluran pernapasan

Bahaya obesitas dapat menyebabkan gangguan pernapasan, karena terjadi penimbunan lemak yang berlebihan di bawah diafragma dan pada dinding dada hingga menekan paru-paru. Jika hal ini dibiarkan dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam bernapas. Pada saat tidur, gangguan pernapasan bia berhenti untuk sementara (obstructive sleep apnea).

Diabetes

Risiko yang bisa dialami oleh seorang yang menderita obesitas adalah penyakit diabetes tipe 2. Pada penderita obesitas, insulin yang dihasilkan oleh pankreas terganggu oleh komplikasi-komplikasi obesitas sehingga tidak dapat bekerja maksimal untuk membantu sel-sel menyerap glukosa. Karena kerja insulin menjadi tidak efektif, maka pankreas terus berusaha untuk menghasilkan insulin lebih banyak yang akibatnya kemampuan pankreas semakin berkurang untuk menghasilkan insulin.

Stroke

Menurut penelitian, seseorang yang menderita obesitas ternyata lebih berisiko terserang stroke daripada orang yang memiliki tubuh sedang. Hal ini terjadi karena penderita obesitas cenderung memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan terkena diabetes yang memicu terjadinya stroke.
Selain penyakit-penyakit yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi bahasa kesehatan yang mengintip karena obesitas. Yakin masih malas untuk diet?
Mencoba memulai mengurangi berat badan dengan cara diet alami dan sehat sendiri membutuhkan komitmen tinggi karena butuh keteraturan agar hasil yang didapatkan semakin maksimal. Memelihara keinginan untuk cepat menurunkan berat badan dan menjadi langsing sangat diperlukan, tapi mengubah pola makan secara drastis apalagi sampai tidak makan malah berisiko terkena gangguan kesehatan pula. Meski sudah berusaha keras, diet yang tidak sehat tidak akan membawa dampak baik dalam jangka panjang meski bisa mengurangi berat badan seketika.
Dalam diet, penurunan berat badan drastis secara cepat juga tidak menyehatkan karena dapat menyebabkan beberapa risiko gangguan kesehatan. Agar hasil yang didapat dari diet menyehatkan dan untuk jangka waktu yang panjang, dalam seminggu cukup setengah hingga satu kilogram saja dalam seminggu.
Konsultan diet dan staf pengajar dari departemen Ilmu Gizi/FKUI, dr. Nurul Ratna M. Gizi, Sp. GK, menerangkan bahwa untuk bisa memangkas 1,5 – 2 kilogram, seseorang harus memangkas kalori sebanyak 750 – 1000 kalori dari kebutuhan harian. Pasalnya, untuk bisa menurunkan berat badan sebanyak satu kilogram, seseorang harus menurunkan kalori sebanyak 500 kalori per hari. Otomatis, untuk menurunkan berat badan sebanyak 2 kilogram, seseorang harus bisa memangkas kalori sebanyak 1000 kalori per hari.
Idealnya, berat badan memang harus turun secara bertahap. Tidak bisa langsung menurunkan dalam jumlah yang besar, apalagi dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu hindarilah kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan orang waktu diet.
Alasan masih gemuk padahal sudah diet © boldsky.com

Kesalahan umum yang sering dilakukan orang waktu diet

  • Mengurangi frekuensi makan berat menjadi hanya sekali bahkan tidak sama sekali. Hal tersebut malah sebenarnya memancing Anda untuk ngemil disela-sela waktu luang.
  • Ngemil snack-snack tanpa memperhatikan kandungannya. Sebaiknya cek dulu kandungan yang ada dalam snack sebelum Anda mengonsumsinya selama diet berlangsung.
  • Tidak makan tapi minum minum banyak kalori. Disangka hanya makanan sajayang mengandung banyak kalori, nyatanya kopi dengan krim, minuman bersoda jauh lebih banyak mengandung kalori.
  • Jarang minum air mineral penting selama proses diet berlangsung, karena dapat membantu meningkatkan metabolisme.
  • Menargetkan turun berat badan yang tidak realistis. 'Pokoknya harus bisa turun5 kilogram dalam seminggu!' Target yang tidak realistis tersebut malah hanya akan membuat Anda stres karena Anda akan mengupayakan banyak hal agar target tercapai.

9 Cara diet alami dan sehat untuk menurunkan berat badan

menurunkan berat badan ©2012 Merdeka.com

1. Menentukan target

Tetapkan target yang realistis sebelum memulai menerapkan cara diet alami dan selama diet berlangsung. Jangan terlalu berobsesi menurunkan berat badan secara cepat dalam satu minggu. Satu kilogram seminggu sudah cukup. Tetapkan pula target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak memakan makanan cepat saji, dan lainnya.

2. Berpikiran optimis

Selain menentukan target, tentu Anda harus mengontrol pikiran Anda untuk menguruskan badan. Tetapkan pikiran yang positif dan optimis bahwa Anda akan kurus. Jangan membayangkan makanan-makanan penggagal diet selama diet berlangsung atau kemungkinan cara diet alami Anda akan terganggu atau bahkan bubar di tengah jalan.

3. Olahraga

Daripada kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, mulailah berjalan kaki kemanapun. Jangan cuma duduk diam di depan komputer. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift atau eskalator. Bisa juga melakukan olahraga 30 menit sehari secara rutin. Diawali dengan pemanasan tangan, kaki, dan kepala. lalu bisa dilanjutkan dengan joging, sit up, ataupun push up. Kegiatan olahraga ini apabila dilakukan secara rutin dapat membantu anda dalam proses penurunan berat badan.

4. Perbanyak minum air mineral

Air mineral penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh,membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak.
Selain manfaat-manfaat tersebut, air mineral dapat menurunkan berat badan.ebelum makan minumlah satu gelas air mineral, sehingga porsi makan akan berkurang.

5. Konsumsi makanan kaya serat

Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang,pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.
Manfaat makanan kaya serat antara lain :
  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
  • Mengendalikan gula darah
  • Memperlambat penyerapan glukosa

6. Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan

Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Nyatanya, anggapan ini salah. Orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah menambah masalah baru. Cukup dengan mengurangi porsi Anda, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Mengurangi porsi makan ini bisa menjadi salah satu opsi terbaik sebagai cara diet alami.

7. Hindari makan lebih dari jam 6

Sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu pula makan malam. Karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.

8. Hindari snack dengan kandungan gula tinggi

Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan Anda makan atau minum.
Mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis,obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Hindari pula minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

9. Minum air jeruk nipis di pagi hari

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Anda, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.
Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun.
Diet alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa, Tapi tetap saja dibutuhkan komitmen tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama. Semoga bermanfaat.
(Liputan6)

Related

Gaya Hidup 2250558534883017111

Post a Comment

item