Hujan sejak dini hari, 4 kecamatan Balikpapan direndam banjir 1,5 M



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Hujan deras yang mengguyur kota Balikpapan, Kalimantan Timur sejak dini hari tadi hingga pagi ini, mengakibatkan banjir di 4 kecamatan hingga 1,5 meter. Seorang warga, M Fahri (54), terpaksa harus dievakuasi menggunakan perahu karet.

Hujan deras mengguyur Balikpapan sejak pukul 03.00 Wita hingga pagi ini, membuat warga di Balikpapan Selatan, Balikpapan Timur, Balikpapan Utara dan Balikpapan Kota, was-was. Air banjir bercampur lumpur kecokelatan terus merangkak naik.

"Dari laporan tim Basarnas di lapangan, banjir merendam hingga 25 persen luasan tiap kecamatan. Ketinggian air berkisar 1-1,5 meter ya," kata Kasi Operasi Basarnas Kaltim-Kaltara Kantor SAR Balikpapan Octavianto, dalam keterangannya, Selasa (29/8).



Banjir di Balikpapan ©2017 Merdeka.com


Octavianto menerangkan, sekira pukul 07.00 Wita pagi tadi, Muhammad Fahri (54), warga Kampung Timur, Balikpapan, dilaporkan warga memerlukan pertolongan evakuasi.

"Bapak Fahri menderita stroke, terjebak banjir, dan meminta bantuan evakuasi ke rumah sakit. Penyakitnya cukup parah," ujar Octavianto.

"Tim Basarnas yang tiba di lokasi, menggunakan perahu karet, dan melakukan evakuasi ke rumah sakit. Di lokasi, banjir memang cukup dalam ya," tambah Octavianto.

Basarnas, lanjut Octavianto, telah menerjunkan 2 tim rescue ke lokasi banjir, dan bertugas untuk mengantisipasi dampak lainnya dari hujan deras dan banjir. "Siaga untuk dampak longsor, pohon tumbang dan lainnya," ungkap Octavianto.

Banjir kali ini, juga melumpuhkan akses jalan kawasan perkantoran di Balikpapan. Tidak sedikit pengguna roda dua, urung menerjang banjir, dan memilih tidak melalui banjir disertai arus deras.

"Memang, hampir di seluruh Balikpapan, hujan deras dari subuh tadi. Hujan deras sekali," kata Rahmad, warga Balikpapan, dikonfirmasi terpisah.

(Merdeka.com)

Related

Indonesia 3576329455237072619

Post a Comment

item