Kepala Strategis Presiden Trump dipecat karena berselisih



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memutuskan memecat Kepala Strategi Kepresidenan, Steve Bannon, kemarin. Kabarnya dia didepak karena dianggap terlalu mempengaruhi Trump dengan ideologi supremasi kulit putih, dan melawan sejawatnya di Gedung Putih.

Dilansir dari laman Reuters, Sabtu (19/8), Kepala Staf Gedung Putih, John Kelly, memilih memecat Bannon setelah rekannya itu membikin pernyataan bakal melawan seluruh orang yang menghalangi dia di Gedung Putih. Petinggi Partai Republik yang mendukung Trump juga tidak senang dengan Bannon, lantaran dianggap sengaja menggunakan jabatannya buat meluaskan ideologi supremasi kulit putih. Caranya dengan memberi saran soal pelarangan imigran muslim, serta pembangunan tembok pembatas di sepanjang perbatasan dengan Meksiko.

"Kepala Staf Gedung Putih John Kelly dan Steve Bannon membuat kesepakatan hari ini akan menjadi hari terakhir Bannon," kata Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Sanders.

Bannon mulanya adalah kepala kampanye Trump ketika masih bersaing memperebutkan kursi kepresidenan dengan pesaingnya, Hillary Clinton. Dia mengaku kecewa dengan keputusan itu. Bannon merasa kini tidak ada lagi yang bakal mengawal agenda politik Trump.

"Jabatan presiden yang kami perjuangkan dan menangkan buat Trump kini sudah berakhir. Saya berpikir untuk menyelesaikan beberapa agenda, seperti tembok pembatas, kini akan lebih sulit," kata Bannon.

Bannon kabarnya bakal kembali ke jabatannya semula, yakni Komisaris Eksekutif Breitbart News. Sebuah media massa pro faksi sayap kanan. Dia juga menjadi salah satu orang yang melahirkan forum 'Alt Right', yang menjadi tempat berdiskusi dan meluaskan ideologi supremasi kulit putih kepada generasi milenial di AS.

Bannon merupakan mantan perwira Angkatan Laut AS, bankir Goldman Sachs, dan pernah menjadi produser film di Hollywood. Dia berjanji akan tetap loyal terhadap Trump, dan menggunakan medianya buat melawan kaum oposisi. 

(Merdeka.com)

Related

Dunia 8430746390754411360

Post a Comment

item