Komandan Polisi Australia Pecahkan Rekor Tarik Pesawat 190 Ton


Komandan Polisi Australia Pecahkan Rekor Tarik Pesawat 190 Ton

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Komandan Polisi Federal Australia sekaligus aktivis kesehatan mental, Grant Edwards berhasil menyelesaikan sebuah rekor dunia menarik pesawat C-17 seberat 190 ton hanya dengan menggunakan kekuatan ototnya saja.
Grant Edwards, yang pernah dijuluki sebagai pria terkuat di Australia ini mengatakan dirinya merasakan beban yang berat sebelum melakukan penarikan bebannya ini.
"Ini sulit, saya tidak meremehkannya," katanya seperti dikutip dari Australiaplus pada Senin (28/8/2017).

"Mungkin tidak terlihat sulit, tapi sebenarnya sangat susah,” lanjutnya.

"Selalu ada sedikit pikiran di benak Anda yang berkata, 'oh Tuhan, kuharap aku bisa benar-benar mewujudkannya', jadi saat saya ternyata bisa melakukannya, ini sangat melegakan."
Grant Edwards menarik pesawat militer buatan Amerika dengan berat 190 ton itu sejauh 5 meter di Pangkalan Angkatan Udara Dover, Tasmania pada hari Sabtu lalu. Aksinya ia lakukan dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental di antara para petugas paramedis dan penegak hukum.
"Terlalu banyak orang terluka secara mental dan trauma mental dan terlalu banyak orang yang bunuh diri," katanya.

Pertarungan pribadi Komandan Edwards dengan Gangguan Kesehatan Mental Pasca-Trauma (PTSD) dan depresi, yang diungkap dalam program Australian Story di ABC minggu ini, telah menjadi salah satu kekuatan pendorong di balik upayanya untuk menghilangkan stigma seputar kesehatan mental di kepolisian.
"Kami ingin meningkatkan profil dan membiarkan orang tahu bahwa mengungkapkan kondisi PTSD itu tidak apa-apa, dan bukan sebuah kelemahan, tapi sebaliknya itu adalah kekuatan," tambah Edwards lagi. 

C-17 adalah pesawat kargo militer dan pengangkut personel, sepanjang 53 meter, dan mampu membawa 77 kargo metrik ton.
Komandan Grant Edwards mengatakan dirinya berharap tarikan itu akan menjadi rekor dunia.
"Kami harus memasukkan semua dokumen itu di dalamnya, tapi saya harus menempuh jarak lebih dari lima meter dan saya berhasil melakukan itu," katanya.
"Saya mungkin bisa menarik pesawat itu lebih jauh, tapi yang penting adalah bukan untuk mencapai rekor melainkan untuk meningkatkan kesadaran."
Staf Personil militer AS, Sersan Brian Blackburn yang menyaksikan pertunjukan tersebut mengatakan bahwa dia amat terkesan dengan kehendak dan kekuatan otot pria Australia ini.
"Cukup mengagumkan, dia benar-benar menarik sebuah pesawat," ujar Blackburn.
"Saya belum pernah melihat orang menarik C-17 sebelumnya, terus terang saya belum pernah melihat ada yang menarik pesawat sebelumnya," lanjutnya.
Grant Edwards sebelumnya telah berhasil menarik lokomotif, trailer , dan pesawat Hercules berkapasitas 40 ton, namun dia mengatakan bahwa dia harus beristirahat sebelum mencoba yang lebih besar dari pada C-17.

"Sebaiknya saya berbicara dengan tubuh saya, orang-orang terus mengatakan kepada saya bahwa usia hanyalah angka tapi setiap tahun usia itu berubah, kita akan lihat bagaimana nanti saja," katanya.

(Liputan6)

Related

Dunia 8333226798995274170

Post a Comment

item