Lansia Produktif mengikuti Kegiatan Penciptaan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Puluhan lansia yang masih produktif dan mempunyai keahlian khusus kemarin pagi mengikuti kegiatan Penciptaan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri di Garha Purwaka, Desa Pangi, Kecamatan Dawan (28/8). Dalam pembukaan kegiatan tersebut hadir langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Drs. Nurahman, Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja I Gede Kusumajaya, Kadis sosial Ida Bagus Anom Adnyana, dan beberapa Perbekel serta undangan lainnya.

Bupati Suwirta dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada Perbekel dan Bendesa karena mampu mengajak para lansia untuk mengikuti kegiatan Penciptaan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri tersebut. Diharapkan juga wirausaha mandiri ini mampu mengembangkan minat dan kemampuan sehingga bisa memberikan dampak ekonomi yang lebih baik bagi para lansia agar tidak menjadi beban sosial bagi keluarga dan masyarakat. Pemerintah juga akan tetap berkomitman dalam menangani SDM dan memberdayakan masyarakat dari usia dini sampai lansia guna mengentaskan kemiskinan. Program-program pemerintah juga diharapkan jangan hanya sekedar seremonial saja, program tersebut harus bisa memberikan dampak positif dan mampu dirasakan oleh masyrakat. “ Program Pemerintah jangan hanya sekedar seremonial, implementasi yang langsung dirasakan masyarakat yang lebih penting,” imbuh Suwirta.

Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Drs. Nurahman menerangkan Program Pemberdayaan bagi lanjut usia produktif merupakan upaya untuk mendorong menciptakan peluang sendiri dengan usaha-usaha mandiri dengan bakat, minat dan kemampuan yang dapat dikembangkan dan memeberikan dampak ekonomi yang baik bagi para lansia. Baik dilakukan pribadi maupun kelompok-kelompok masyarakat lansia dengan diberikan pembekalan dan bantuan saran kerja sesuai dengan usaha yang akan dijalani.

I Wayan darmanaba yang menjadi ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya jiwa kewirausahaan yang mandiri pada lansia sehingga menjadi unit ekonomi yang mandiri dan nantinya dapat meningkatkan tarap hidu lansia, serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja lansia yang masih produktif. Kegiatan wirausaha tenaga kerja lansia diikuti 60 orang lansia dan akan dibagi menjadi 3 kelompok/paket, sebenarnay ada 4 kelompok yang lagi 1 kelompok nantinya berasal dari Kecamatan Nusa Penida dan setiap kelompok akan terdiri dari 20 orang peserta lansia. Ketiga kelompok tersebut antara lain, yang pertama kelompok “Srati Dharma Kerti” dengan pembekalan membuat Serati banten yang berasal dari Desa Takmung Desa pekaraman Lepang untuk waktu pelaksaan selam 3 hari dari tanggal 29 s/d 31 agustus 2017, kelompok kedua yaitu lansia Topi/Capil Pemenang dari Desa nyalian Desa Pekraman Pemenang dengan pembekalan pembuatan capil/topi waktu pellaksanaan selama 3 hari dari tanggal 6 s/d 8 september 2017, dan kelompok yang terakhir kelompok Lansia Guna Berseri dari Desa Gunaksa dengan pembekalan pembuatan banten dengan waktu pelaksanaan selama 3 hari yaitu dari tanggal 12 s/d 14 september 2017. 

(humasklk)

Related

Warta Semarapura 3231508475500451433

Post a Comment

item