Masih buron, ini tersangka sopir pelaku teror Barcelona



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Polisi Spanyol masih memburu sopir mobil van yang menjadi tersangka penabrak para turis di Las Ramblas, Barcelona Kamis lalu. Pria 22 tahun itu diketahui bernama Yunus Abu Yakub, kelahiran Maroko.

Inspektur polisi Albert Oliva dalam wawancara radio kemarin menyatakan aparat sejauh ini sudah membongkar sel jaringan teroris dengan sedikitnya 12 orang pelaku asal Maroko yang melakukan teror di Barcelona dan Cambrils. Dalam dua serangan itu sedikitnya 14 orang tewas dan ratusan lainnya luka. Korban berasal dari 34 negara.

yunus abu yakub ©New York Times


Sumber yang menolak disebut identitasnya mengatakan aparat keamanan meyakini serangan teror di Barcelona sudah direncanakan selama hampir setahun.

Laman the New York Times melaporkan, Ahad (20/8), polisi juga sudah menemukan dua jasad di reruntuhan sebuah rumah di Alcanar yang digunakan sebagai tempat pembuatan bom setelah sebuah ledakan menghancurkan rumah itu Rabu lalu. Dari ledakan itu aparat juga menemukan jejak ISIS.

Dalam siaran televisi, ibu Yakub, Hanno Ghanim meminta anaknya segera menyerahkan diri.

"Saya lebih senang dia masuk penjara sebelum dia mati," kata ibunya.

Meski begitu, kepala polisi Catalan Josep Lluis Trapero mengatakan dia belum bisa memastikan Abu Yakub adalah tersangka sopir mobil van.

"Kami belum tahu apakah dia ada di Spanyol. Jika benar, maka kami akan mencarinya," kata dia.

"Kami sudah menemukan jasad dua orang. Empat sudah ditangkap dan satu orang lagi masih buron," jelas Trapero.

(Merdeka.com)

Related

Dunia 5170444031757604732

Post a Comment

item