Puluhan Sepeda Hias Berlomba di Klungkung

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Puluhan peserta dari kalangan siswa SD, SMP dan SMA/K meramaikan lomba sepeda hias dari bahan ecobrick di Kabupaten Klungkung. Mereka Nampak antusias mengikuti lomba mulai garis start hingga garis finish.

Lomba sepeda hias dari barang bekas ini digelar serangkaian menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Lomba sekaligus parade sepeda hias ini dilepas Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta di depan Pendopo Puri Agung Klungkung, Sabtu (5/8/2017) pagi.

Menyusuri rute sejauh 3,2 kilometer, beragam kreasi ditampilkan para siswa tersebut. Berbahan ecobrick atau sampah plastik didalam botol plastik ini, para peserta menghias sepeda mereka masing-masing dalam berbagai bentuk. Seperti pesawat terbang, helicopter, perahu, kendaraan perang (tank), burung dan berbagai kreatifias lainnya.

Peserta lomba sepeda hias, Kedek Nova Sastrawan menuturkan, konsep yang diangkat dalam mengikuti lomba ini adalah perahu. Menurut siswa kelas X, SMA Pariwisata Saraswati Klungkung ini dirinya mengerjakan konsep tersebut selama dua hari. Sepeda ontel miliknya dihias penuh dengan ecobrick yang dikumpulkannya disekolah. “Sepeda ini saya hias berbentuk perahu selama dua hari,” ujarnya usai mengikuti lomba.

Peserta lainnya,  Gusti Ngurah Bagus Permana mengaku senang ikut lomba seperti ini. Siswa kelas VI SDN 3 Semarapura Klod ini menuturkan pembuatan sepeda hias berbentuk pesawat terbang ini dikerjakan selama empat hari dengan bahan ecobrick. “Saya buat sendiri selama empat hari,” tuturnya.

Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta berharap melalui lomba ini dapat menumbuhkan kreatifitas siswa. Selain itu, dengan menggunakan barang bekas seperti sampah plastik ini diharapkan bisa mengajarkan siswa memanfaatkan sampah plastik untuk berdaya guna, sehingga keberadaan sampah plastik dapat dikurangi. “Kedepan dengan inovasi dari ecobrick ini keberadaan sampah plastik dapat dikurangi,” ujar Wabup Kasta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, A.A Ngurah Kirana. 

(hmsklk/nom)

Related

Warta Semarapura 4286047136971856614

Post a Comment

item