Romdoni, Pedagang Sapi dengan Omzet Rp 30 Miliar Per Bulan


Haji Doni, pengusaha sapi sukses.

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Serba susah dan jarang makan daging sapi, begitulah gambaran masa kecil Romdoni (52). Namun siapa sangka, kini pria yang biasa dipanggil Haji Doni itu menjelma jadi pengusaha sapi sukses.
Saat ditemui Kompas.com di showroom mobil yang ia sulap jadi tempat jualan sapi di Depok, Jawa Barat, Senin (14/8/2017), Haji Doni banyak menceritakan pengalaman getir masa kecilnya.
"Dulu setiap hari raya Lebaran, hidangan kami sekeluarga itu cuma tempe tahu," kenang pria tiga anak itu. Kemiskinan yang membelenggu itu menjadi penyebab anak ketiga dari delapan bersaudara itu hanya mampu sekolah sampai tingkat sekolah dasar.
Alhasil, ia hanya mengantongi ijazah SD. Namun kondisi masa kecilnya itu justru membuat ia mendendam kepada kemiskinan. Bahkan saat itu ia bertekad kepada ibunya, ingin keluar dari kondisi serba susah itu agar bisa makan daging sapi setiap hari.
Tekad besarnya dimulai saat ia belajar dagang daging sapi pada usia 15 tahun. Setelah punya modal awal dari penjualan daging, Doni mulai memberanikan diri membeli sapi di usia 17 tahun. Dari situlah petualangan bisnis dimulai.
"Modal awal, karena kami dari keluarga susah, itu tapi kami kumpulkan tahun demi tahun itu cuma Rp 7,5 juta. Waktu itu bisa beli 10 sapi tahun 1978," kata Haji Doni.
Kini setelah lebih dari 30 tahun, bisnis sapi Haji Doni berkembang pesat. Pria yang jarang makan daging sapi saat kecil itu, kini justru memiliki sekitar 32.000 ekor sapi potong dan sapi kurban.
Penjualan sapinya tidak hanya di dalam negeri namun juga sudah diekspor ke beberapa negara salah satunya ke Mesir. Kini dalam sebulan, omzet bisnis sapi Haji Doni mencapai Rp 22 miliar - Rp 30 miliar.
"Mau menjelang kurban atau bulan biasa omzetnya stabil segitu," ucap ia.
Selain itu, bisnisnya juga mampu menyerap ratusan tenaga kerja. Kini pegawai yang dipekerjakan Haji Doni mencapai 800 orang. Meski sudah sukses, Haji Doni juga tak henti melakukan inovasi dalam mempromosikan sapi-sapi miliknya. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan mempekerjakan Sales Promotion Girl (SPG).
Dari pengalaman Haji Doni itu, siapapun bisa belajar bahwa tak semua perjalanan hidup manusia berjalan dengan mulus. Tentu banyak rintangan dan hambatan dalam meraihnya.
Namun kunci meraih kesuksesan adalah kesabaran, keteguhan hati, memiliki prinsip yang kuat, jujur, apa adanya, dan selalu melakukan inovasi.

(Kompas.com)

Related

Berita Ekonomi 7177090062582346941

Post a Comment

item