Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta Meninjau Pengungsi Gunung Agung

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung Gede Putu Winastra beserta Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa dan seluruh instansi terkait melaksanakan peninjauan terhadap Pengungsi yang terdapat di Gor Swecapura Gelgel Klungkung, pada Jumat (22/09).

Menurut laporan Dari Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klungkung Putu Widiada menyampaikan 218 KK, mengenai MCK para pengungsi akan diarahkan menggunakan toilet yang ada di SMP N 3 Semarapura selain menggunakan fasilitas toilet di GOR Swecapura Gelgel.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan mengharapkan agar para pengungsi dan masyarakat sekitar bisa tetap tenang dan Bupati Suwirta juga menyarankan agar bantuan dari masyarakat untuk para pengungsi bisa dikelola dengan baik. Bupati Suwirta juga mengharapkan para pengungsi dapat merasa nyaman berada di lokasi pengungsian dan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung juga bisa bekerja membantu para pengungsi dengan nyaman. "Mari sama-sama berdoa memohon supaya gejala yang terjadi sekarang, berhenti dan tidak akan berlanjut, sehingga para pengungsi bisa beraktifitas seperti biasa di rumah masing-masing". Wakil Bupati Klungkung I made Kasta juga menyatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung sudah siap menerima pengungsi dari Kabupaten Karangasem dikarenakan Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung sudah terlebih dahulu mengadakan rapat kecil yang dikuti oleh instansi terkait, pada saat terjadi gejala ringan di Gunung Agung. Pemerintah Daerah Kabupaten KLungkun melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung akan melakukan Pendataan kepada anak-anak pengungsi, yang bertujuan untuk kembali menyekolahkan para anak-anak pengungsi di sekolah-sekolah terdekat sesuai dengan jenjang pendidikannya. “Jangan Menggunakan Standard Operating Procedure (SOP), tetapi Gunakanlah Rasa Kemanusiaan dalam membantu Pengungsi”, ujar Wabup Kasta.

Sebelumnya Wakil Bupati I Made Kasta bersama dengan aparat desa meninjau Pengungsi mandiri dari Kabupaten Karangasem yang berada diwilayah Kelurahan Semarapura Kaja. para pengungsi mandiri ini merupakan pengungsi yang tinggal di rumah keluarga atau teman mereka yang berada di wilayah yang aman dari bencana alam. Salah satu pengungsi yakni Keluarga Ketut Yudana menyampaikan bahwa dirinya lebih nyaman tinggal di rumah teman, dengan alasan karena anggota keluarganya banyak anak-anak dan 7 orang lansia. 

(hmsklk/Cok)

Related

Warta Semarapura 8620012153343210520

Post a Comment

item