Mengingat Hal Bahagia, Jurus Ampuh Lawan Stres


Ilustrasi bahagia

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Ketika hati tengah gelisah tak menentu dan alami stres, yoga atau meditasi sangat bagus untuk mendapatkan endorfin yang mengalir. Seringkali kita terjaga sepanjang malam karena merasa tak bahagia dan memikirkan hal negatif.

Penelitian baru menunjukkan ada trik sederhana untuk membersihkan pikiran negatif. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior, para psikolog menemukan bahwa memikirkan masa lalu yang membahagiakan, secara aktif dapat mematikan respons stres tubuh.

Studi tersebut menempatkan dua kelompok subjek dalam serangkaian situasi yang penuh tekanan. Kelompok pertama diberi tahu untuk mengingat kenangan bahagia, sementara yang kedua diminta mengingat sesuatu yang netral dari masa lalu mereka. Dari kelompok pertama ditemukan suasana hati jauh lebih bahagia daripada yang kedua. Mereka juga mampu mengurangi tingkat hormon stres kortisol.
Penelitian sebelumnya menyoroti kekuatan nostalgia yang ada di pikiran. Profesor Psikologi Sosial dan Kepribadian, Constantine Sedikides, dari University of Southampton dan Peneliti Senior, Dr Tim Wildschut, membangun keseluruhan program penelitian tentang bagaimana nostalgia dapat digunakan sebagai alat melawan kecemasan dan depresi.

(Liputan6)

Related

Gaya Hidup 3607485276969801472

Post a Comment

item