Menhub: Rapor Keuangan Negatif, Pegawai Kalstar Tidak Digaji



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan, neraca keuangan maskapai penerbangan perintis, Kalstar Aviation tengah memburuk. Kinerja keuangan perusahaan tercatat negatif, sehingga berdampak pada gaji para pegawainya.

Alasan ini yang mendasari Kementerian Perhubungan menghentikan sementara penerbangan Kalstar per kemarin (30/9) yang melayani empat rute, yakni Surabaya-Pangkalanbun, Pangkalanbun-Ketapang, Ketapang-Pontianak, dan Samarinda-Berau.

"Laporan keuangan mereka negatif sejak satu dua bulan ini. Gaji pegawai tidak dibayar, jadi kita beri peringatan diberhentikan sementara untuk tidak dioperasikan," tegas Budi Karya.

Namun, ketika dikonfirmasi mengenai penyebab neraca keuangan Kalstar negatif, Budi Karya tidak dapat mengungkapkannya.

"Kalau masalah internal kan, saya tidak bisa sampaikan apa penyebabnya. Yang pasti kalau keuangan negatif, bahaya. Kan kalau ada apa-apa harus tanggung jawab," dia menjelaskan.
Dengan kinerja keuangan minus, berpengaruh terhadap jumlah armada yang beroperasi saat ini. Budi Karya mengatakan, dari 10 unit pesawat hanya tinggal tiga yang beroperasi.
"Tinggal tiga yang beroperasi dari 10 pesawat. Ini yang jadi masalah teknisnya, karena pesawat berkurang jadi mengganggu kan," kata mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini.

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 3093154436824635457

Post a Comment

item