5 Tips Sukses Bagi Freelancer


Ilustrasi

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Menjadi freelancer atau pekerja lepas merupakan pekerjaan yang banyak dipandang masyarakat sebagai pekerjaan yang serabutan.

Namun, adapula yang beranggapan bahwa pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang menyenangkan karena Anda tidak terikat dengan pekerjaan yang resmi dan bisa bekerja sesuai dengan hobi Anda.

Jika Anda seorang freelancer pasti Anda akan bekerja sesuai dengan proyek yang Anda dapatkan.
Jika itu terjadi, penghasilan yang Anda dapat akan lebih banyak dari penghasilan karyawan tetap.

Tetapi bukan tidak mungkin suatu waktu Anda akan kekurangan uang karena sedang tidak mendapatkan pekerjaan.
Berikut ini lima tips yang dapat Anda lakukan agar tetap bisa sukses meskipun tak punya pekerjaan tetap dilansir dari jobplanet.com.
1. Berkomitmen dengan diri sendiri
Menjadi freelancer merupakan pekerjaan yang menyenangkan karena Anda akan memiliki keleluasan sendiri dalam mengatur sistem kerja Anda. Mulai dari waktu, lokasi kerja, atau hal-hal lain. Anda hanya perlu menargetkan pekerjaan itu selesai seperti deadline yang diberikan oleh klien Anda. Oleh karena itu, Anda harus memiliki komitmen terhadap diri Anda sendiri. Jika Anda tidak berkomitmen dengan diri sendiri, bisa jadi jasa Anda tidak akan digunakan lagi oleh klien Anda.
2. Jaga hubungan baik
Memiliki kenalan atau koneksi yang luas dan banyak merupakan salah satu kunci menjadi freelancer yang sukses. Hal ini disebabkan karena dari koneksi yang luaslah proyek-proyek akan datang. Oleh karena itu, jagalah hubungan Anda dengan teman-teman atau kenalan Anda. Apalagi dengan orang yang Anda anggap bisa memberikan Anda proyek nantinya. Jangan hanya fokus pada target kerja dari klien Anda saja, tetapi iringi juga dengan sikap dan perilaku yang positif.
3. Aktif mencari proyek
Meski tak ada panggilan proyek atau kerjaan, bukan berarti Anda santai di rumah dan berdiam diri saja. Sebaliknya, Anda harus aktif mencari sumber pengasilan baru. Misalnya, mencari info lowongan pekerjaan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan diri sekaliguss memancing klien, misalnya dengan memasarkan karya yang Anda buat.
4. Temukan keunikan
Anda harus sadar bahwa di luar sana banyak orang yang juga tidak memiliki pekerjaan tetap dan bisa saja mereka juga sedang mencari pekerjaan. Agar klien Anda selalu mengingat Anda buatlah keunikan yang membedakan Anda dengan freelancer lainnya. Ketika Anda telah memiliki keunikan tersendiri, percayalah bahwa ketika ada pekerjaan, klien pasti akan selalu mencari Anda.
5. Perbarui keahlian
Ketika menguasai keahlian yang sudah diakui oleh orang lain, banyak orang yang berpikir untuk berhenti belajar. Padahal sebenarnya yang harus Anda lakukan adalah mencari keahlian baru yang bisa Anda pelajari. Anda bisa mengikuti workshop, seminar, dan kelas pelatihan lain yang dapat meningkatkan kemampuan Anda.
Yang harus Anda tanamkan pada diri Anda adalah seberapa suksesnya karier seseorang tidak diukur melalui apa profesinya. Selama Anda bekerja keras dan selalu berusaha, hasil akhir pasti akan memuaskan.

(Kompas.com)

Related

Berita Ekonomi 4228883952927544199

Post a Comment

item