9 Cara berani lebih sehat demi hidup lebih baik 10 tahun lagi, dijamin!



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Siapa sih yang tak ingin hidup sehat, bahkan sampai 10 tahun ke depan? Namun, hal ini tentunya tidak bisa terjadi kalau tidak didukung dengan gaya hidup sehat. Supaya tidak hanya jadi harapan, kamu perlu menerapkan #BeraniLebihSehat sebagai gaya hidup yang mendukung. Tujuannya agar tubuh lebih sehat hingga 10 tahun ke depan.

Awali dengan menantang diri untuk mulai mengubah rutinitasmu sehari-hari. Kamu bisa mulai menerapkan #BeraniLebihSehat dengan cara-cara berikut ini.
Berani Minum Air Putih Lebih Banyak
Menghabiskan pagi dengan secangkir kopi, dilanjutkan dengan minuman bersoda saat siang dan malam hari memang menyegarkan. Namun, tahukah kamu jika kesegaran itu hanya bisa dirasakan di lidah saja? Setelah masuk ke dalam tubuh, hanya gula, kafein dan kalori yang membuat tubuhmu berisiko mengalami diabetes dan gangguan kesehatan lainnya. Jika ingin tetap sehat hingga 10 tahun lagi, beranikan diri untuk minum air putih lebih banyak lagi.

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. 60% komposisi dalam tubuh manusia adalah air. So, bisakah kamu membayangkan tubuh yang kekurangan cairan? Mungkin kamu harus menyiapkan segelas air di dekat tempat tidur, membawa botol minum air putih ke manapun pergi hingga diejek teman kantor karena nggak ikutan ngopi. Tapi, keberanianmu ini akan terasa manis 10 tahun lagi. Nggak percaya?
Berani Meninggalkan Lift dan Naik Tangga Kantor
Kebiasaan naik lift di kantor memang membuat badan tidak capek. Tapi, berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition setidaknya ada 676 ribu kematian setiap tahun akibat kurang gerak. Tubuh yang kurang gerak membuat jantung lemah dan risiko serangan jantung lebih besar. Jika ingin memastikan jantung sehat hingga 10 tahun lagi, cobalah beralih naik tangga kantor.

Di tengah kesibukan, naik tangga kantor adalah waktu ‘mencuri’ untuk olahraga yang paling elegan. Di saat rekan kerja beramai-ramai naik lift, jalan kaki sendirian melalui tangga itu bukan hal yang patut disesali.
Berani Mengurangi Makanan Berminyak
Nasi padang, gulai hingga gorengan rasanya memang nendang. Tapi jika setiap hari makan makanan berminyak, yakin 10 tahun lagi masih bisa lari-lari di taman kota? Seorang dokter spesialis gizi klinik dari Eka Hospital BSD, Tangerang, Elia Indrianingsih, menyebutkan jika makanan berminyak bisa mengakibatkan kelebihan kalori.

Berani mengurangi makanan berminyak artinya kamu akan mulai ‘berteman’ dengan hidangan kukus, rebus, atau mungkin yang masih segar seperti salad. Rasanya memang sedikit hambar, tapi kamu akan merasakan tubuh yang lebih sehat dan bugar.
©pexels
Berani Membiasakan Diri Berpikir Positif
Setiap harinya, kamu akan dihadapkan pada tantangan hidup yang beraneka ragam. Mulai dari hal pekerjaan, hubungan sosial hingga masalah pribadi. Berpikir negatif hanya akan membuat stres dan tidak bahagia yang berujung pada gangguan kesehatan.

Daripada galau sendiri, lebih baik biasakan diri berpikir positif. Seorang peneliti psikologis di University of North Carolina bernama Barbara Fredrickson membuktikan jika berpikir positif bisa membuat hidup lebih bersemangat, menyehatkan dan bahagia. Yakin kamu nggak ingin coba?
Berani Meluangkan Diri untuk Tidur Teratur
Salah satu hadiah terbaik yang bisa kamu berikan pada diri sendiri adalah keberanian untuk tidur teratur. Bahkan, 10 tahun lagi, hadiah yang kamu berikan pada tubuh setiap malam ini akan memberikan efek yang luar biasa, yakni awet muda.

Lisa Shives, MD, seorang praktisi penyakit dalam dan tidur, menyebut efek kurang tidur sangat besar, yakni obesitas, mata bengkak, gampang stres, kurang konsentrasi, hingga daya tahan tubuh lemah. Lebih lanjut efeknya, bisa mendatangkan penyakit mematikan, seperti jantung koroner.
Keluarga atau temanmu mungkin protes karena kamu harus pulang cepat saat hangout bersama. Kamu bahkan melewatkan pertandingan bola tim idola hingga serial tv kesukaan. Its okay, kini saatnya kamu memberikan tubuh hadiah setelah seharian bekerja, yakni waktu tidur paling tidak 8 jam sehari.
©pexels
Berani Parkir Kendaraan Lebih Jauh
Keberanian hidup lebih sehat selanjutnya bisa didapatkan dari parkir kendaraan lebih jauh. Yup, agar kamu bisa berjalan lebih jauh dan bergerak lebih banyak, sambil olahraga. Pasangan bahkan teman yang satu mobil denganmu mungkin akan sedikit ngomel. Tapi, keberanian ini adalah tanda kamu peduli terhadap kesehatan diri sendiri bahkan orang yang ada di sekitarmu. Mulai hari ini, berani kan parker kendaraan lebih jauh dari biasanya?

Berani Bangun Lebih Pagi
“Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise” – Ben Franklin

Kamu tentunya sering mendengar kutipan ternama dari the founding fathers of United States yang satu ini. Bangun pagi adalah sebuah good start untuk mengubah hidup jadi lebih baik lagi. Bukan hanya dari sisi kesehatan fisik dari olahraga pagi dan menyerap banyak vitamin D dari sinar matahari pagi, tapi juga kesehatan jiwa.
©pexels

Berani Makan Sayur Lebih Banyak
Sebagian orang tumbuh dewasa dengan masa kecil sebagai picky eater, apalagi jika soal sayuran. Dedaunan hijau dengan rasa hambar sering kali menjadi ‘musuh’ ketika makan. Sayangnya, ketakutan makan sayuran akan membuatmu lebih lemah, sering terkena gangguan kesehatan yang berujung nggak happy selama hidup.

Kamu mau benci sayur sampai kapan? Sayuran mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, mulai dari kalium, serat, asam folat, vitamin A, E, C dan kaya akan kandungan air. Setiap sayuran mengandung 85% hingga 95% air yang membantu menghidrasi kulit dan mengurangi kerutan. Kalau sayur bisa bikin awet muda, lebih sehat, lebih cantik dan ganteng, kamu mau makan lebih banyak, kan?
Berani Merencanakan Investasi Kesehatan untuk Masa Depan
Tidak ada yang bisa memprediksi datangnya sakit. Kamu hanya bisa memberikan proteksi pada diri sendiri dengan berkomitmen #BeraniLebihSehat. Melihat langkah ekstra yang kamu lakukan untuk hidup sehat, Asuransi Cigna memberikan apresiasi berupa Cigna Premium Health Protection.

Asuransi ini menawarkan banyak keuntungan sebagai perayaan semangat #BeraniLebihSehat yang kamu lakukan. Kamu bisa lebih tenang, Cigna Premium Health Protection akan memberikan proteksi kesehatan berupa menanggung resep obat, cek kesehatan rutin, sampai biaya rawat inap, baik di dalam maupun di luar negeri. Inilah bukti dukungan yang diberikan Cigna pada langkah ekstra yang kamu buat.
(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 6252178035733523322

Post a Comment

item