Anies Baswedan, dilantik, dicopot dan dilantik lagi Jokowi



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Hari ini, Senin 16 Oktober 2017, warga DKI Jakarta punya gubernur dan wakil gubernur baru hingga 2022. Dia adalah Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Anies dan Sandi sukses memenangkan pertarungan melawan Basuki T Purnama -Djarot Saiful Hidayat dengan Agus Yudhoyono - Sylviana Murni pada Pilgub DKI 2017.

Pasangan yang diusung sejak awal oleh Gerindra dan PKS ini akan dilantik Presiden Joko Widodo pada Pukul 16.00 WIB sore nanti di Istana Negara, Jakarta. Menariknya, pelantikan bukan hal baru bagi Anies.

Pada 27 Oktober 2014 lalu, Jokowi juga melantik Anies Baswedan. Kala itu, Anies ditunjuk oleh presiden untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan Saudara-saudara sebagai menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada Saudara-saudara. Bersediakah Saudara-saudara untuk mengambil sumpah menurut agama masing-masing?" ucap Presiden Jokowi kala itu kepada 34 menteri kabinet kerja yang di dalamnya ada Anies Baswedan.

Jokowi lantik menteri Kabinet Kerja ©2014 Setpres/CahyoBruri Sasmito

Sayang, jabatan Anies di Kemendikbud hanya sampai 27 Juli 2016. Atau 21 bulan menjadi bagian di kabinet kerja Jokowi. Dia kena reshuffle, diganti oleh Muhadjir Effendy.

Karir cemerlang Anies belum habis. Malah bertambah moncer usai dicopot Jokowi. Hari ini (16/10), Anies harus kembali ke Istana dengan kepala tegak.

Dia menghadap lagi Jokowi untuk dilantik sebagai gubernur DKI Jakarta. Mantan Rektor Paramadina ini akan menggantikan jabatan pasangan Jokowi-Ahok yang terpilih pada Pilgub 2012 lalu.

Sejumlah janji telah disampaikan pasangan Anies-Sandi saat kampanye di Pilgub DKI 2017 lalu. Di antaranya, DP rumah nol rupiah, penutupan Hotel Alexis, penghentian proyek reklamasi Pantai Jakarta serta Kartu Jakarta Pintar plus. 
(Merdeka.com)

Related

Indonesia 1505960207578994370

Post a Comment

item