Bupati Suwirta Hadiri Persiapan Jelang Piodalan di Pura Jagatnatha

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Berbagai persiapan dilakukan menjelang piodalan di Pura Jagatnata Kabupaten Klungkung yang tepatnya jatuh setahun sekali pada Purnama Sasih Kapat, Kamis (5/10/2017) besok. Persiapan tersebut yakni salah satunya yaitu kegiatan mebat yang dilaksanakan di areal Wantilan/Jaba Pura Jagatnatha, Rabu (4/10/2017). Dalam kegiatan tersebut, juga turut hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung I Nyoman Mudarta menyampaikan kegiatan mebat ini dilaksanakan bertujuan untuk melestarikan tradisi adat dan budaya, membangkitkan rasa menyama braya antara Sekaa Teruna. Dalam kegiatan mebat ini merangkul Sekaa Teruna yang berada dilingkungan Kelurahan Kota Semarapura, sehingga nantinya dikit demi sedikit masyarakat Klungkung bisa merasakan rasa memiliki Pura Jagatnata. “Pura Jagatnatha ini milik kita semua terutama semua masyarakat Kabupaten Klungkung. Mari kita bersama-sama harus mempunyai rasa memiliki, sehingga nantinya akan tercipta rasa menyama braya dan paiketan pasemetonan yang baik”, Tegas Nyoman Mudarta.

Lebih lanjut, Nyoman Mudarta menambahkan untuk mempererat rasa menyama braya antar Sekaa Teruna juga diharapkan nantinya persodaraan dan kebersamaan antar OPD di lingkungkan Pemkab Klungkung juga harus terjalin dengan sebaik-baiknya. “Pelestarian adat dan budaya, membangkitakan rasa menyama braya dan mempererat paiketan persodaraan antara Sekaa Teruna maupun jajaran OPD di Pemkab Klungkung harus selalu dijaga dengan baik”, Harapnya

Selain melaksanakan kegiatan mebat, adapun tugas-tugas pokok Sekaa Teruna yang perempuan yakni menyiapkan segala bentuk persiapan salah satunya metanding banten dan membersihkan lingkungan di arael Pura Jagatnatha. Di penghujung persiapan ditutup dengan acara megibung/makan bersama. 

(Humas/klk)

Related

Warta Semarapura 7724320537715314418

Post a Comment

item