Panwaslu Kab.Klungkung Melantik Panwaslu tingkat Kecamatan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sebanyak 16 orang dilantik menjadi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat Kecamatan, dimana ada 4 Kecamatan di Kabupaten Klungkung. Pelantikan tersebut dilantik langsung oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Klungkung, I Komang Artawan disaksikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dan Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Ketua Rudia, yang bertempat di ruang rapat Dinas Pertanian, Kab.Klungkung, jumat (27/10).

Bupati Suwirta dalam sambutannya meminta pada panwaslu Kecamatan bekerjasama menjalan tugas dan fungsinya,  serta amanat yang dipercayakan kepada anggota panwaslu yang sudah dilantik. Selain itu, dituntut juga Netralitas karena netralitas akan menunjukkan suatu penyelenggra pemilu di daerah tersebut berkualitas. Setelah dilantik, anggota panwaslu harus merubah karakternya, agar bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dan memberikan edukasi-edukasi tentang pemilu yang akan berlangsung di tahun 2018 dan 2019. “ Bekerjalah dengan transparansi dalam menjalankan tugas, sebagai Bupati saya tidak akan mengintervensi siapapun maupun lembaga apapun,” tegas Bupati Suwirta.

Sementara itu, Ketua BAWASLU Provinsi Bali I Ketut Rudia,  mengucapkan selamat atas dilantiknya PANWASLU Kecamatan,  sangat senang dengan pelantikan hari ini karena penuh keakraban, serta langsung  dihadiri langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berserta jajarannya. Ketua Panwaslu Provinsi Bali berpesan kepada anggota Panwaslu yang dilantik ini agar melaksanakan tugas pengawasan sebaik-baiknya. Ada empat kewajiban yang harus dilakukan PANWASLU Kecamatan, yakni mengamati, mengkaji, memeriksa dan menilai proses pelaksanaan demokrasi di Klungkung. Selain itu, tugas dari panwaslu adalah verifikasi administrasi, dan faktual pilgub-wagub. Tugas sebagai pengawas cukuplah berat. Pengawas bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran, menegakkan demokrasi dari, oleh dan untuk rakyat. Untuk itu, di butuhkan strategi dan metode sehingga pengawasan bisa dilaksanakan dengan baik dan terkontrol.

“ Dalam pelaksanaan tugas diperlukan solidaritas sebagi bentuk kekompakkan dalam pengawasan, perlu mengembangkan koordinasi disegala sektor, “pinta I Ketut Rudia
Turut hadir Perwakilan Polres Klungkung, Perwakilan Kodim 1610 Klungkung, perwakilan KPU dan beberpa perwakilan Camat di Kabupaten Klungkung.

(Kompas.com)

Related

Warta Semarapura 2755131350404503722

Post a Comment

emo-but-icon

item