Pemkab Klungkung Peringati Hari Sumpah Pemuda

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pemerintah Kabupaten Klungkung menggelar peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017. Upacara peringatan berlangsung di Lapangan Puputan Klungkung, Sabtu (28/10/2017). Selaku inspektur upacara, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.
Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-89 dihadiri Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Klungkung, jajaran Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Klungkung, TNI/Polri serta sejumlah siswa SMA di Klungkung. Selain pengibaran bendera Merah Putih, upacara juga diisi pembacaan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan, semangat 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, Delapan puluh Sembilan tahun silam atau tepatnya pada 28 Oktober 1928 berkumpul dan mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu tanah air, Indonesia.

Menurut Menpora, Imam Nahrawi, sudah sepatutnya para pemuda bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Langkah-langkah pemuda tersebut serta keberanian mereka, kata Imam Nahrawi harus dapat diteladani oleh generasi muda. “Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,” ujar Menpora Imam Nahrawi.
Sejalan dengan pidato Menpora, Bupati Suwirta menyatakan dengan jarak yang jauh dan segala kekurangan saat itu, sejumlah pemuda sepakat untuk mengikrarkan diri hingga menghasilkan Sumpah Pemuda. “Kita sekarang tinggal melaksanakan dengan kelebihan teknologi yang ada,” ujar Bupati Suwirta.
Namun, justru ditengah kecukupan saat ini timbul kekhawatiran akan munculnya dilemma dan problem yang memecah belah. Melalui peringatan ini, Bupati mengajak para pemuda untuk merenung, instrospeksi diri, mengingat ditengah kelebihan ini terjadi kekurangan dan sebaliknya dahulu dibalik kekurangan ada kelebihan dan mampu melaksanakan hal-hal luar biasa. “Mari kita perbaiki karakter dan kemampuan pengendalian pikiran,” pungkasnya.
Upacara peringatan hari sumpah pemuda di Kabupaten Klungkung diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada atlet dan pelatih berprestasi pada Porjar Provinsi Bali tahun 2017 dan hadiah kepada juara lomba mekendang tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Klungkung. 

(hmsklk/nom)

Related

Warta Semarapura 5350704329553590324

Post a Comment

emo-but-icon

item