Wisatawan Diajak Naik Dokar Gratis


www.nusabali.com-wisatawan-diajak-naik-dokar-gratis

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pada Jumat (13/10) kemarin, bertempat di Kantor Tourist Informasi Centre (TIC) Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Kota Denpasar, melaunching 8 Dokar Hias untuk mendukung 'Denpasar Heritage City Tour'. Peluncuran ini dilakukan Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara dengan ditandai penyerahan pecut kepada kusir dokar. 

Dengan hadirnya sebanyak 8 Dokar Hias ini, wisatawan baik domestik maupun mancanegara kini bisa merasakan sensasi menaiki dokar secara gratis berkeliling Kota Denpasar sesuai dengan rute yang sudah ditentukan. Angkutan tradisional ini akan beroperasi dari hari Kamis hingga Minggu mulai pukul 09.00 Wita sampai 15.00 Wita.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar AA Bagus Sudharsana mengatakan, Dinas Pariwisata memfasilitasi Dokar Hias ini untuk mendukung kemajuan pariwisata dan meningkatkan kunjungan pariwisata di Kota Denpasar. Wisatawan lokal maupun mancanegara pun bisa menikmati situasi mengelilingi kawasan Denpasar Heritage City Tour. 

"Dokar kami libatkan kembali untuk memperkenalkan kembali angkutan yang sudah tidak beroperasi lagi di Kota denpasar karena kemajuan teknologi sekarang ini. Dengan hadirnya kembali dokar ini mereka yang belum pernah ataupun yang kangen dengan angkutan ini untuk berkeliling kota akan mereka rasakan saat ini,” ujarnya.

Untuk rute saat ini, kata Sudharsana, yakni dari kantor TIC. Wisatawan akan diajak mengelilingi rute Denpasar Heritage City Tour meliputi Hotel Inna Bali, kawasan Jero Kuta, kawasan Jalan Gajah Mada, hingga kembali ke Lapangan Puputan.

Sebanyak 8 Dokar Hias ini, kata Sudharsana diambil dari warga Denpasar yang masih memiliki angkutan tradisional ini sekaligus direkrut menjadi kusir untuk melayani wisatawan yang nantinya akan berkeliling Kota Denpasar. Untuk saat ini, kata Sudharsana, pihaknya akan menerapkan City Tour dari bulan Oktober hingga Desember terlebih dahulu. "Selain memberdayakan kuda dan peralatan dokarnya kami juga merekrut  pemiliknya untuk langsung menjadi kusirnya yang nantinya akan mengantar wisatawan," jelasnya.

Wakil Walikota IGN Jaya Negara mengatakan, dokar yang diberdayakan saat ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek Heritage City Tour Kota Denpasar, mengingat saat ini lebih dari 50 persen pendapatan masyarakat Denpasar bersumber dari pariwisata. Jaya Negara juga mengaku pendapatan Kota Denpasar lebih banyak berasal dari pajak hotel dan restoran. 

Maka dari itu, kata dia, salah satu terobosan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Denpasar dengan memanfaatkan dokar ini. Selain itu dengan menggunakan dokar diharapkan dapat meningkatkan manfaat angkutan tradisional ini, mengingat zaman globalisasi saat ini dokar kurang diminati masyarakat sebagai alat transportasi tradisional. "Melalui program ini kusir dokar kembali bisa eksis seperti zaman dulu, untuk itu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,’’ ujarnya.

Lebih lanjut Jaya Negara mengatakan, terobosan ini sebagai bukti nyata bahwa atraksi wisata di Kota Denpasar turut melestarikan budaya dengan menghidupkan kembali angkutan tradisional dokar dan melibatkan masyarakat kusir dokar itu sendiri. “Kiranya atraksi wisata ini dapat menambah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Kota Denpasar khususnya meningkatkan wisata Denpasar Hertage City Tour,” harapnya.

Sementara, salah satu anggota Perkumpulan Dokar Hias, Nyoman Matra Manik, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar karena telah bersedia menggunakan dokar sebagai fasilitas Denpasar Heritage City Tour. Dia pun berharap dengan program ini maka dokar akan kembali eksis di Kota Denpasar. "Setiap hari Kamis hingga Minggu kami bisa melayani wisatawan keliling ke Denpasar Heritage City Tour, jadi kami bisa kembali mencari penghasilan melalui City Tour ini,’’ ujarnya senang.

Dalam acara launching kemarin, para wisatawan mancanegara dan domestik yang hadir di Denpasar termasuk Wakil Walikota IGN Jaya Negara berkesempatan mengelilingi Heritage City Tour Kota Denpasar dengan menggunakan dokar hias yang sudah disiapkan. 

(NusaBali)

Related

Seputar Bali 7878693594900959653

Post a Comment

item