9 Alasan kenapa kamu perlu membawa bekal makan siang sendiri



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Ayo kita galakkan gerakan membawa bekal dari rumah. Membawa bekal bukan cuma buat anak sekolahan. Mereka yang sedang dalam program diet pun membawa makanan sendiri untuk mengontrol asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi bukan hanya itu manfaat yang bisa didapatkan dengan membawa bekal.

Berikut ini beberapa dampak positif yang bisa kamu dapatkan jika membawa bekal makanan sendiri dari rumah atau tempat kos.
Bekal buatan sendiri lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya
Karena dibuat sendiri, kamu bisa memastikan kualitas bahan dan kebersihan makanan sejak proses persiapannya. Ini adalah cara yang baik untuk menghindari makanan-makanan alergen bagi mereka yang rawan alergi.
Menu bisa lebih variatif
Kantin kantor/kampus dan warung langganan biasanya hanya menyediakan menu yang itu-itu saja. Dengan menyiapkan bekal sendiri, kamu bebas mengubah variasi menu makanan.
Lebih mudah untuk mengontrol asupan gizi
Kamu akan lebih mudah untuk mengontrol kalori, serat, maupun gizi dengan menyantap makanan yang dibuat sendiri. Makanan yang dibeli dari kantin atau warung kadang sudah tak segar lagi. Sudah dipanaskan berkali-kali sehingga kandungan nutrisinya sudah hilang.
Mengurangi sisa makanan di rumah
Asalkan makanan yang ada di rumah belum dipanaskan lebih dari dua kali, sesekali kamu bisa membawanya sebagai bekal di kantor. Dengan begini kamu tidak akan memboroskan makanan. Bisa juga diolah lagi dengan menambahkan bahan lain. Misalnya nasi dan lauk sisa di rumah yang bisa disulap menjadi nasi goreng.
Bisa mengontrol nafsu jajan dan berat badan
Dengan membawa bekal, sedikit banyak kamu jadi bisa mengendalikan nafsu untuk jajan. Berat badan pun senantiasa terjaga.
Menghemat anggaran bulanan
Asal kamu bisa mengatur menu dengan baik, bekal buatan sendiri akan membantumu menghemat anggaran makan dalam sebulan. Siapkan saja makanan-makanan praktis namun variatif.
Bikin aktif di pagi hari
Untuk kamu yang ingin bangun lebih pagi atau sedikit berkeringat sebelum memulai aktivitas di luar, memasak dan menyiapkan bekal bisa menjadi salah satu solusinya. Tidak perlu memasak makanan yang rumit persiapannya agar waktu tidak terbuang banyak.
Jadi punya banyak waktu untuk istirahat siang
Berjalan ke warung atau restoran di dekat kantor tetap membutuhkan waktu. Apalagi kalau harus antre terlebih dahulu. Akhirnya waktu makan siang jadi terpotong banyak dan kamu tidak bisa makan dengan tenang. Makan terburu-buru bisa membuat pencernaan kurang lancar dan memicu kenaikan berat badan, lho.
Bisa mengurangi sampah
Pembelian nasi bungkus, nasi kotak, atau jus biasanya disertai dengan kemasan sekali pakai. Entah itu kotak kardus, styrofoam, kertas bungkus, kantung kresek, atau gelas plastik. Dengan membawa bekal kamu bisa mengurangi jumlah sampah kemasan seperti ini.
Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membawa bekal dari rumah.
(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 4562233758093997698

Post a Comment

emo-but-icon

item