Ngerinya Efek Dari Duduk Terlalu Lama, Ini Cara engatasinya!



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sudah banyak artikel yang membahas tentang bagaimana bahaya dari duduk terlalu lama. Namun secara detail, merdeka.com akan mengungkapkan bagaimana cara mengatasinya.

Memang tidak dipungkiri bahwa kehidupan perkotaan sangat kental dengan hal ini. Duduk terlalu lama, entah itu berada di kendaraan saat macet atau duduk karena pekerjaan Anda memang mengharuskan Anda begitu. Tidak banyak yang bisa dilakukan, dan kebanyakan orang menyerah dengan itu.

Padahal, efek dari duduk terlalu lama cukup berbahaya. Duduk di meja kerja terlalu lama dapat menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko stroke lantaran pembentukan gumpalan, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan lain sebagainya. Bayangkan, penyakit-penyakit tersebut merupakan sejumlah penyakit yang dapat membunuhmu!

Kondisi ini juga dikenal sebagai sindroma metabolik dan penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang tetap diam di meja selama lebih dari empat jam sehari, memiliki 50 persen peningkatan risiko kematian. Selain itu, yang lebih ngeri adalah 125 persen peningkatan risiko kematian akibat serangan jantung!

Lantas apa yang harus dilakukan?

Ada banyak artikel yang hanya menakut-nakuti pembaca dengan segala risiko tersebut. Namun merdeka.com akan memberikan solusi untuk menekan hal tersebut. Berikut hal yang harus Anda lakukan jika kebetulan Anda tergolong orang yang bekerja dengan intensitas duduk yang tinggi:

1. Berjalan-jalan di sekitar kantor setiap 30 menit sekali. Anda boleh berjalan ke kamar mandi dan kembali lagi ke tempat duduk Anda. Itu sudah cukup membantu. Usahakan selalu datangi teman Anda jika ingin berbicara dan jangan malas beranjak dari tempat duduk, apalagi menggunakan layanan chatting untuk berkomunikasi. Jika sanggup untuk berjalan menghampiri mereka, maka berjalanlah.

2. Berjalan mondar mandir saat menerima telepon. Ini sangat membantu. Terkadang ada saat di mana Anda harus menerima telpon dari seorang klien misalnya. Gunakan kesempatan itu dengan berjalan mondar-mandir.

3. Usahakan berjalan kaki saat ingin makan siang, entah itu di dalam kantor atau di luar. Meskipun jaraknya dekat, sudah sangat membantu. Setidaknya Anda tidak terpaku di tempat duduk. Dan jangan sekali-sekali makan siang di meja kerja.

4. Istirahat
Anda harus beristirahat dari rutinitas kerja Anda. Anda bisa berbaring di ruang santai untuk melepas penat. 

(Merdeka.com

Related

Info Unik 7071904617610065419

Post a Comment

emo-but-icon

item