Kukuhkan Awig-awig Desa Pakraman, Bupati Suwirta Ajak Seluruh Masyarakat Agar Mematuhi Peraturan Yang Berlaku

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Adanya peraturan Awig-awig harus selalu dipatuhi dan ditaati dengan sebaik-baiknya demi mengantisipasi terjadinya  konflik sosial di dalam Desa Pakraman, Hal demikian disampaikan ketika Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Wakil Bupati Klungkung Made Kasta mengukuhkan peraturan Awig-awig di Desa Pakraman Akah, acara ini bertempat di Wantilan Pura Dalem Desa Akah, Kabupaten Klungkung Kamis (7/12/2017).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan sangat  mengapresiasi baik kegiatan ini. Menurut Bupati Awig-awig merupakan salah satu bentuk aturan yang dibuat oleh Krama Desa Pakraman atau Krama Banjar Adat yang dipakai sebagai pedoman dalam pelaksanaan Tri Hita Karana sesuai dengan Desa Mawacara dan Dharma Agama di Desa Pakraman atau Banjar Pakraman masing-masing. “Segala bentuk peraturan di dalam Awig-awig harus selalu dipatuhi dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” Pintanya.

Awig-awig yang sudah ditetapkan ini nantinya harus bisa dipergunakan dengan baik. Hal yang paling terpenting selalu ajarkan generasi muda tentang peraturan awig-awig agar generasi muda bisa semakin tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan bermartabat. Seluruh masyarakat maupun generasi muda harus bisa menghindari serta mengantisipasi maraknya pengunaan narkoba, minum-minuman keras ini bertujuan agar nantinya kejadian yang tidak kita inginkan tidak terjadi . “Selalu hindari maraknya penggunaan narkoba serta minum-minuman keras,” Harap Bupati Suwirta kepada seluruh masyarakat.

Bendesa Pakraman Desa Akah Ida Bagus Nyoman Wirata mengatakan tujuan dikukuhkannya peraturan Awig-awig Desa Pakraman ini yakni untuk memberikan pemahaman dan peraturan kepada seluruh masyarakat  agar bisa mematuhi peraturan yang berlaku di dalam Desa. “Masyarakat harus bisa membedakan perilaku yang mana benar dan yang mana salah sesuai peratutan yang sudah tercantum didalam Awig-awig tersebut,” Harapnya.

Pengukuhan Awig-awig Desa Pakraman ini juga disaksikan Perbekel Desa Akah Nyoman Sujati serta masyarakat setempat. Selain itu, juga dilaksanakannya persembahyangan bersama yang dipuput Jro Mangku Dalem Desa Pakraman Akah. 

(Humasklk/puspa)

Related

Warta Semarapura 2106020862578422612

Post a Comment

item