Ribuan Pesepeda Onthel Yogya Bersumpah di Malam Sumpah Pemuda

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Warga Yogyakarta bertekad kembali membangkitkan semangat bersepeda. Tekad ini dikuatkan dengan ikrar sumpah sepeda, yang diikuti ribuan pesepeda onthel di titik nol kilometer Yogyakarta, pada malam peringatan Sumpah Pemuda.

Selain membaca ikrar bersama-sama, para pesepeda ini juga memasang sebuah Tugu Sepeda di depan Monumen SO 1 Maret di kawasan titik nol kilometer Yogyakarta. Tugu sepeda ini sebagai simbol kebangkitan sepeda di Kota Yogyakarta.

Koordinator pesepeda onthel, Thowil mengatakan, dalam ikrarnya para pesepeda kembali bangkit bersama menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi pilihan. Para pesepeda Yogya ingin mengembalikan semangat SEGO SEGAWE (sepeda nggo sekolah lan nyambut gawe/sepeda untuk sekolah dan bekerja) yang pernah berjaya di kota Yogya.

"Semangat bersepeda harus terus dibangkitkan. Dan perlu didukung

Aksi ribuan pesepeda onthel ini, diawali dari Museum Perjuangan Yogyakarta, kemudian bersepeda bersama menuju titik nol melewati Jl Malioboro. Beberapa peserta diantaranya mengenakan kostum unik dari barang-barang bekas, seperti botol minuman, keranjang, daun-daunan, dan lain-lain.
dengan fasilitas bagi pesepeda, seperti jalur khusus sepeda. Sepeda ini juga untuk mengkampanyekan anti polusi," kata Thowil di lokasi, Minggu (27/10/2013).

Dikutip dari : detik.com

Related

Dalam Negeri 224084320707987443

Post a Comment

emo-but-icon

item