Bedah Desa Tegak ke-36 Bupati Suwirta inginkan Desa Tegak menjadi Desa Program 100:0:100

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Program Bedah Desa merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk menginventarisasi segala permasalahan dan data-data yang ada di Desa tersebut. Dalam melaksanakan Program Bedah Desa yang tercetus karena adanya Program Bedah Desa adalah dengan adanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa; Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No 6 Thn 2014; Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN; Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran BUMDesa.

Bupati mengajak Semua OPD di Kabupaten Klungkung untuk terjun langsung ke Desa guna mengetahui secara pasti kondisi dan permasalahan yang terjadi di setiap desa. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi seluruh OPD di Pemerintah Kabupaten Klungkung melakukan Kegiatan Program Bedah Desa ke- 36 di Desa Tegak pada Jumat (26/1).

Desa Tegak yang terletak di Kecamatan Klungkung memiliki 4 dusun, yakni Dusun tengah, Kaja Kangin, Bajing, dan Tulang Nyuh memiliki beberapa Potensi Wisata Spiritual/Agro diantaranya Tirta Sudamala Centeng, Sumber Mata Air di Pendawa, Sarkofagus dan potensi lainnya.

Pada saat melakukan Evaluasi Kegiatan Bedah Desa ke-36 di Desa Tegak, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan bahwa sanitasi di Desa Tegak perlu secepatnya diperbaiki, maka dari itu, Bupati Suwirta meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Kabupaten  Klungkung untuk segera menangani permasalahan tersebut serta mempersiapkan konsep Program 100:0:100 untuk Desa Tegak, karena Bupati Suwirta ingin menjadikan Desa tegak sebagai Desa Program 100:0:100. Program 100:0:100 ini merupakan program ketersediaan 100 persen air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen fasilitas sanitasi serta drainase. Terkait dengan kemiskinan di Desa tegak, Bupati Suwirta menyatakan Pemerintah akan memberikan bantuan pendampingan kepada KK Miskin yang masih berusia Produktif, untuk bisa terlepas dari Kemiskinan dengan bantuan para Yowana Gema Santi yang sudah berada di masing-masing Desa di Kabupaten Klungkung.

Dalam kegiatan Bedah Desa yang ke-36, Bupati Suwirta menyerahkan bantuan sembako dan mendata beberapa KK Miskin yang terdapat di Desa Tegak untuk memperoleh bantuan Bedah Rumah/rehab Rumah, Bupati Suwirta juga meninjau proses pembuatan Kain Tenun yang terdapat di Desa Tegak.


Related

Warta Semarapura 1990311038186271674

Post a Comment

emo-but-icon

item