Yuk coba, 10 Perawatan rumahan untuk obati gigitan nyamuk bandel



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Tidak ada orang yang suka dengan gigitan nyamuk. Selain menyebabkan gatal yang konstan dan menyebalkan, gigitan nyamuk juga bisa meninggalkan bekas tak sedap pandang di kulit mulusmu.

Lalu, bagaimana cara yang aman dan alami untuk mengobati gigitan nyamuk? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa perawatan rumahan untuk mengatasi gigitan nyamuk.
Lemon
Lemon mengandung sifat anti inflamasi yang membuatnya sangat berguna untuk menyembuhkan gigitan nyamuk. Oleskan jeruk lemon di atas kulit untuk mengurangi munculnya infeksi.

Bawang putih
Bawang putih membantu mengurangi pembengkakan dan menenangkan rasa gatal karena gigitan nyamuk. Cukup oleskan bawang putih ke area yang terkena dan segera bersihkan setelah beberapa menit.

Baking soda
Baking soda sangat efektif dalam menyembuhkan gatal akibat gigitan nyamuk. Sebabnya, baking soda bersifat basa dan berguna untuk menetralkan pH kulit. Caranya adalah oleskan baking soda yang sudah dicampur dengan air.

Lidah buaya
Lidah buaya diketahui memiliki sifat antiseptik alami yang membuatnya menjadi obat yang sangat baik untuk menghalau gigitan nyamuk. Lidah buaya berguna mengurangi rasa sakit, bengkak, dan gatal.

Garam
Garam merupakan pengobatan paling mudah dan alami untuk menyembuhkan gigitan nyamuk karena sifat anti septik dan anti inflamasinya.

Es batu
Es batu juga menjadi pengobatan sederhana untuk mengobati gigitan nyamuk. Hal ini disebabkan karena suhu dingin es batu membatasi distribusi zat peradangan di daerah yang digigit.

Bungkus es di kain, lalu oleskan di area yang terkena selama sekitar 10-15 menit.
Minyak tea tree
Minyak tea tree juga bersifat antiseptik yang bisa membantu mengobati luka yang terinfeksi bakteri seperti gigitan nyamuk. Minyak ini juga akan mengurangi pembengkakan dan gatal.

Minyak kelapa
Mengoleskan minyak kelapa akan membentuk pelindung pada kulit dan mencegah infeksi. Hal ini disebabkan karena minyak kelapa tinggi akan asam lemak dan polifenol di dalamnya. Senyawa ini juga bersifat anti inflamasi.

Madu
Madu mengandung sifat khas anti mikroba yang bisa mencegah infeksi dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka karena gigitan nyamuk.

Kunyit
Kunyit adalah agen penyembuhan alami yang bisa mengobati gigitan nyamuk. Sebabnya kunyit bersifat anti inflamasi dan antioksidan yang kuat sehingga membantu menenangkan area yang gatal. 

(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 5474178316050425916

Post a Comment

emo-but-icon

item