Cegah Longsor Susulan, Polisi Tutup Jalur Gunung Mas-Ciloto

Cegah Longsor Susulan, Polisi Tutup Jalur Gunung Mas-Ciloto

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Polres Bogor dan Polres Cianjur melakukan penutupan jalur Gunung Mas hingga Ciloto pascalongsor yang terjadi di kawasan Cipanas, Puncak, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (29/3) malam. Penutupan jalur tersebut guna mencegah longsor susulan.

Kapolres Bogor Kabupaten AKBP AM Dicky mengatakan penutupan jalur dilakukan jelang libur panjang perayaan Paskah yang dimulai Jumat hingga Minggu. Sebab, jika libur panjang, jalur puncak akan mengalami kemacetan karena banyak kendaraan memilih lewat jalur Puncak untuk ke Cianjur hingga Bandung.

"Besok libur panjang dari Jumat ke Paskah, Kamis biasanya arus wisata menuju Puncak akan padat termasuk yang juga ke Bandung dan Cianjur. Dengan kondisi ini kepolisian mengambil diskresi kepolisian, kami bekerja sama dengan Polres Cianjur melakukan penutupan jalan," ujar Dicky kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/3).


Penutupan dilakukan mulai di pintu masuk menuju perkebunan Gunung Mas, Bogor sampai ke salah satu di persimpangan dekat sebuah supermarket Ciloto, Cianjur.
"Penyekatan di pintu masuk menuju perkebunan Gunung Mas karena kebetulan di sana ada jalan yang bisa untuk (kendaraan) melakukan pemutaran, kemudian nanti di wilayah Cianjur di persimpangan supermarket dilakukan penyekatan. Kami lakukan penyekatan ini sampai nanti ada kordinasi lagi dengan instansi terkait," ucapnya. 

Dicky menegaskan jalur Gunung Mas-Ciloto saat ini hanya dikhususkan untuk kendaraan roda dua. Sementara kendaraan roda empat atau lebih, termasuk kendaraan berat dilarang melintas di jalur tersebut untuk mencegah longsor susulan.

Meski demikian, masyarakat masih bisa menempuh jalur alternatif. Untuk jalur alternatif dari arah Jakarta pengendara dapat melewati Cibubur menuju ke arah Jonggol dilanjutkan Cariu menuju Sukamakmur, Cibadak, Cipanas hingga Taman Bunga. Sementara itu dapat juga melewati jalur Sukabumi dari Bogor atau jalur Padalarang menuju Bandung.














sumber : CNNIndonesia.com

Related

Indonesia 1228118206818945693

Post a Comment

item