MUSRENBANG RKPD TAHUN 2019 DENGAN MEMBAHAS 5 PRIORITAS UTAMA UNTUK MEMAJUKAN KUNGKUNG

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pemerintah Kabupaten Klungkung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (MUSRENBANG RKPD) Tahun 2019. Kegiatan yang bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala tersebut dihadiri Pjs Bupati Klungkung yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, juga turut hadir Kepala Baperlitbang Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra, Kepala Baperlitbang Kab. Klungkung I Wayan Wasta serta seluruh kepala OPD di jajaran Pemkab Klungkung, selasa (20/3) kemarin.
Dalam sambutan Pjs Bupati Klungkung yang diwakili Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, melalui Musrenbang ini diharapkan mampu merancang dan merumuskan program-program unggulan dengan sekala prioritas yang lebih tajam dan betul-betul dapat menyentuh serta memenuhi kebutuhan masyarkat Kabupaten Klungkung. Dalam hal ini, pihaknya juga menginstruksikan seluruh pimpinan perangkat daerah supaya merancang kegiatan yang mampu memecahkan masalah-masalah pembangunan yang tengah dihadapi, dengan target sasaran yang jelas dan terukur serta selalu mempertimbangkan prinsip-prinsip penyusunan program yang efisien, efektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan harapan, penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), KUA dan PPAS serta pembahasan RAPBD 2019 dapat diselesaikan tepat waktu sesuai ketentuan yang berlaku.
Kepala Baperlibang Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra menyampaikan, sesuai amanat dan undang-undang,   Provinsi memiliki fungsi sekaligus berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawalan di dalam aspek perencanaan serta evaluasi pengendalian bagi pelaksanaan perencanaan pembangunan ditingkat Kabupaten maupun Kota. Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Klungkung, karena merupakan kabupaten pertama yang menggelar Musrenbang untuk RKPD 2019. Karena seperti yang diketahui Perencanaan adalah aspek terpenting dalam membuat program untuk membangun Kabupaten Daerah maupun Kota. Sehingga dengan perencanaan yang baik, pengawalan serta evaluasi juga pasti akan terlaksana dangan baik dan sesuai harapan yang diinginkan. Sebelum digelarnya Musrenbang Provinsi, diharapkan seluruh Kabupaten di Bali terlebih dahulu menggelar Musrenbang. Sehingga program-program yang dibuat di tingkat Kabupaten akan di Bahas dalam Musrenbang Provinsi guna mensinergikan  antara program ditingkat Kabupaten dan program ditingkat Provinsi.
Laporan Kepala Baperlitbang Kab. Klungkung yang sekaligus sebagai Ketua tim penyusun RKPD tahun 2019 I wayan wasta menjelaskan, Persiapan penyusunan rencana awal RKPD tahun 2019 dimulai pada pada pertengahan bulan desember tahun 2017 yang dilanjutkan dengan konsultasi public pada 31 januari 2018 untuk mempertajam rancangan awal RKPD kabupaten Klungkung tahun 2019. Musrenbang RPKD Kabupaten Klungkung diselenggarakan dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD tahun 2019. Agar arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunanserta usulan program dari hasil kegiatan musrenbang kecamatan bisa bersinergi dengan musrenbang Kabupaten dan nantinya akan disinergikan di Musrenbang Provinsi. Dalam Musrenbang tahun 2019 ada 5 prioritas yang dibahas, yakni yang pertama Pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, yang kedua Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pariwisata dan perdagangan yang didukung oleh kebudayaan, industry kreatif dan jasa produktif, yang ketiga pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui pengembnagan infrastruktur dan pelestarian lingkungan, yang keempat pemantapan ketahanan pangan melalui pertanian yang berkelanjutan, dan yang kelima adalah penyelenggaran reformasi birokrasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bail serta ketentraman dan ketertiban umum. Untuk pelaksanaan dan pembahasan Musrenbang RKPD Kabupaten Klungkung tahun 2019 akan digelar di Ruang Rapat Praja Mandala dari tanggal 20-27 maret  2018.

Related

Warta Semarapura 135863271825509419

Post a Comment

item