Perbaikan, Tunggu Anggaran Pusat

www.nusabali.com-perbaikan-tunggu-anggaran-pusat

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali      Lima titik itu dipastikan tidak bisa diperbaiki tahun ini, karena kerusakannya terjadi setelah APBD 2018, ketok palu atau disahkan. Pemkab Gianyar melalui Dinas PU Gianyar akan mengajukan anggaran ke BPBN Pusat untuk perbaikan tersebut.

Kepala Dinas PU Gianyar I Nyoman Nuadi mengakui saat ini memang ada lima titik ruas jalan yang amblas akibat tergerus bencana tanah longsor. Lima titik jalan rusak ini, antara lain di Jalan Bilukan, Desa Taro, Jalan Mancawarna di Banjar Pesalakan, Jalan Kemenuh di Desa Kemenuh, Jalan Bukian di Desa Bukian, Jalan Puhu di Desa Puhu. Perbaikan pada kerusakan ini pun harus dilakukan dengan penambahan dinding penahan tanah. 

Dikatakan, lima titik ada yang longsor pada akhir 2017 dan ada pula yang terjadi di awal 2018. Sehingga sudah tidak bisa dianggarkan pada APBD induk 2018. Kerusakannya pun masuk dalam katagori harus segera ditangani. Bila tidak, ruas jalan tersebut bisa putus. " Kondisi ini sudah saya sampaikan ke bapak PJ Bupati Gianyar, " ucapnya dihubungi via telepon Minggu (18/3).

Akhirnya PJ Bupati Gianyar Ketut Rochineng menyepakati untuk mengajukan dana ke BPBN pusat, melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Gianyar. Hal ini dilakukan karena kerusakan terhadap fasilitas umum tersebut terjadi akibat bencana alam. " Bersama bapak PJ Bupati ini sudah kami ajukan kemarin ke Jakarta, dan sedang diproses, " ucapnya.

Pihaknya juga mengaku sudah melakukan survei pada lima titik ruas yang rusak itu. Hasil kajian untuk perbaikan total dibutuhkan anggaran sekitar Rp 13 miliar. Bila anggaran dari pusat disetujui, secara otomatis ini akan meringankan beban APBD. "Jadi kami berupaya agar tidak membebani APBD, karena nilainya memang sangat besar, " katanya.

Penanganan cepat, pihaknya hanya bisa berkoordinasi dengan aparat desa untuk menaruh tanda pada sisi jalan yang rusak. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi lakalantas. "Tanda sudah dipasangkan, mudah mudahan kerusakan tidak bertambah parah sebelum diperbaiki, " katanya.

Tahun ini, Dinas PU Gianyar juga memastikan memperbaiki jalan amblas dengan biaya dari APBD 2018, sudah dalam persiapan pengerjaan. "Perbaikan ini pada jalan di Kendran, Tegallalang, juga akibat bencana yang membuat jalan amblas, kebetulan kejadiannya sebelum ketok palu jadi masih bisa dimasukkan," tandasnya.


















sumber : nusabali.com

Related

Seputar Bali 5924768975842636590

Post a Comment

item