Alasan Yogurt Sebaiknya Disantap Saat Perut Kosong

Alasan Yogurt Sebaiknya Disantap Saat Perut Kosong

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Greek yogurt atau yogurt pada umumnya memiliki rasa asam yang tak terlalu kuat. 

Pada dasarnya perbedaan greek yogurt dan yogurt sendiri terletak pada teksturnya. Rasa asam greek yogurt sedikit terasa tak terlalu asam dibanding yogurt biasa karena adanya proses penyaringan tambahan. 

Proses penyaringan ini akan membuat greek yogurt memiliki tekstur yang lebih kental dibanding dibanding yogurt lain dan lebih mengenyangkan. Greek yogurt pun dianggap lebih sehat dan bermanfaat untuk melangsingkan tubuh.
Hanya saja tak dimungkiri kalau rasa asam greek yogurt dan yogurt lainnya masih cukup terasa. 

Rasa asam ini menyebabkan banyak orang tak berani menyantapnya dalam keadaan perut kosong. Pasalnya, rasa asam ini dianggap akan membuat sakit perut. 

Akhirnya, aneka yogurt pun disantap setelah makan. 

"Seharusnya yogurt itu dimakan saat perut kosong atau belum makan," kata dokter gizi Samuel Oentoro kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu di Jakarta. 

"Karena bakteri baik atau probiotik di dalam yogurt ini harus sampai di usus besar dalam keadaan hidup agar efektif menjaga pencernaan dan kesehatan."
Jika yogurt disantap setelah makan, kata Samuel, bakteri baik atau probiotik ini akan mati. Bakteri ini akan mati karena terkena asam lambung yang keluar akibat proses pencernaan makanan. 

"Ketika makan, asam lambung akan keluar secara otomatis. 

"Jadi ketika yogurt masuk, asam lambung yang bersifat antiseptik akan mematikan bakteri baik dari yogurt," kata Samuel. 

Samuel menambahkan, sebenarnya dalam kondisi perut kosong, lambung juga akan menghasilkan asam lambung. Akan tetapi jumlahnya tak sebanyak saat makanan sudah masuk ke lambung. 

Jumlah asam lambung yang tak terlalu banyak ini saat perut kosong ini diklaim masih aman untuk efektivitas dan aktivitas bakteri yogurt menjaga kesehatan pencernaan. 

Namun anjuran untuk makan saat perut kosong ini ditujukan untuk mereka yang tak punya masalah dengan lambung. Bagi penderita gastritis kronis, maka konsumsi yogurt disarankan setelah makan. 

Namun, makan yogurt setelah makan ini juga harus diberi jeda setidaknya satu jam. 

"Sebenarnya bakteri probiotik itu punya keunggulan. Minum atau makan 'bangkai' (bakteri yang sudah mati) probiotik ini masih punya efek baik untuk tubuh," ucapnya. 

"Tapi tentunya enggak sebagus kalau masih hidup bakterinya."

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Samuel sendiri menyarankan untuk mengonsumsi antara 1-2 cup yogurt setiap harinya. 




























sumber  : CNNIndonesia.com

Related

Gaya Hidup 2573364454946319184

Post a Comment

emo-but-icon

item