Selalu Perkuat Rasa Persatuan dan Kesatuan Antar Umat Beragama

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Dharma Santi merupakan kegiatan yang sangat penting guna untuk meningkatkan dan menjalin hubungan yang makin baik khususnya Umat Hindu dan antar umat beragama. Hal ini  disampaikan Pjs. Bupati Klungkung Wayan Sugiada yang sambutannya dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Klungkung I Wayan Sumarta.
Lebih lanjut, Dharma Santi yang dilaksanakan hari ini sangatlah penting artinya bagi kita untuk menjalin hubungan yang makin baik khususnya untuk Umat Hindu dan antar umat beragama. “Dengan landasan ini kita akan mampu menanggulangi berbagai krisis yang melanda Bangsa kita, terutama krisis moral yang berkembang akhir-akhir ini,” Ujarnya.
Kegiatan Dharma Santi ini sebagai rangkaian tak terpisahkan dari Hari Raya Suci Nyepi Tahu Baru Caka, dimana hari suci yang kita sambut dengan suasana hening dan juga suasana santi, dalam membangun semangat kerohanian yang baru untuk manatap masa depan yang lebih baik. “Semoga dengan semangat Tahun Baru Caka ini kita semua bisa meningkatkan kerukunan dan persatuan demi tetap menjaga hubungan yang harmonis dikalangan umat beragama dengan pemerintah,” Harapnya.  
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga kabupaten Klungkung I Nyoman Mudarta menyampaikan kegiatan ini mengambil tema Melalui Dharma Santi Nyepi, Kita mantapkan Sradha Bhakti Dalam Membangun Klungkung Berwawasan Budaya. Rangkaian Tahun Baru Caka di awali dengan penyucian yang namanya melasti tujuannya menghanyutkan segala kekotoran alam, baik alam agung maupun alam alit karena kesucian adalah dasar menyambut Tahun baru Caka. “Melalui Dharma Santi ini umat tetap menjaga persatuan dan kesatuan untuk saling memafaatkan serta untuk tetap waspada terhadap berbagai gangguan perpecahan dan dampak negative lainnya,” Harapnya.
Dharma Santi dihadiri Ida Dalem Semaraputra, Ketua PHDI Provinsi Bali I Gusti Ngurah Sudiana, Para Sulinggih serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Klungkung yang bertempat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kabupaten Klungkung, Senin (9/4/2018).

Related

Warta Semarapura 7249919043089688695

Post a Comment

item