Kelurahan Semarapura Kaja Mewakili Kabupaten Klungkung Pada Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kelurahan Semarapura Kaja, di Kecamatan Klungkung mewakili Klungkung Pada Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018. Kegiatan tersebut dihadiri Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugia beserta Ny. Putriasih Sugiada, ketua tim penilai I Ketut Lihadnyana yang juga selaku Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Bali, Camat Klungkung I Komang Gede Wisnuadi, Lurah Semarapura Kaja I Wayan Astawa, Oragnisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Klungkung, Kepala Perangkat Daerah (KPD) serta Undangan lainnya. Acara tersebut bertempat di Balai Desa Besang Kawan Tohjiwa, (9/4).

PJS Bupati Klungkung I Wayan Sugiada menyampaikan pembangunan Kelurahan merupakan bagian integral dari pembangunan Nasiobal yang dilaksankan oleh masyarakat bersama Pemerintah dalam mewujudkan tujuan nasioanal yakni masyarakat adil, makmur dan sejahtera. Untuk mencapai itu semua maka upaya pemberdayaan masyarakat menjadi sangat penting. Selain itu, Sugiada berharap kepada masyarakat agar perlombaan kelurahan ini bisa dijadikan wadah peningkatan kapasitas lembaga pemerintah kelurahan khususnya dalam penataan admistratif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Melalui kegiatan perlombaan kelurahan diharapkan mampu terus mendorong dan menggalakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sesuai dengan potensi dan sumber daya yang ada. “jadikanlah perlombaan ini sebagai upaya dalam meningkatkan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kelurahan,” Harap Wayan Sugiada
Sementara sambutan ketua tim penilai yang juga selaku Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Bali, I Ketut Lihadnyana menjelaskan tujuan dari kegiatan perlombaan Kelurahan adalah untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong penguatan peran lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan, serta membeikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat kelurahan atas prestasi yang telah diraih dalam proses pemerintahan dan partisipasi dalam pembangunan serta inovasi-inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. untuk tahun ini pihaknya menjelaskan penilaian akan dilakukan terhadap keberhasilan pembangunan yang terdiri dari 3 bidang yakni Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan. Perlombaan ini juga diharapkan tidak menjadi beban, akan tetapi lebih dimaknai sebagai langkah-langkah konkrit untuk mengadakan perbaikan-perbaikan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Lurah Semarapura Kaja I Wayan Astawa dalam laporannya menyampaikan, Kelurahan Semarapura Kaja terdiri dari dua Desa Pekraman yakni, Desa Pekraman Besang Kangin dan Desa Pekraman Besang Kawan Toh Jiwa. Untuk luas wilayahnya yakni 74,20 Ha, dengan total penduduk berjumlah 2.214 jiwa. Kondisi geografis Kelurahan Semarapura Kaja berada di dataran rendah dengan batas wilayah sebelah utara Desa Akah, sebelah timur Kelurahan Semarapura Tengah, sebelah selatan Kelurahan Semarapura Tengah, dan sebelah barat adalah Desa Manduang. Untuk Kelurahan Semarapura Kaja pihaknya menyampaikan beberapa program yang sudah berjalan diantaranya peningkatan kepemilikan jamban menjadi 100% untuk seluruh kk, inovasi puskesmas pembantu yaitu Saka Sakti (sapa keluarga sehat kerjakan dengan hati) dari upaya tersebut pada tahun 2017 Kelurahan Semarapura Kaja berhasil meraih sertifikat keberhasilan mewujudkan desa bebas buang air sembarangan. perkembangan di tingkat kelurahan akan berhasil dengan efektif bila terjadi sinergitas antara ketesediaan fasilitas serta dukungan yang diberikan oleh pemerintah dan partisipasi masyrakat yang aktif. Dengan adanya kegiatan lomba seperti ini Astawa berharap seluruh komponen masyarakat di Kelurahan Semarapura Kaja bergotong royong dalam pembangunan dan memajukan Semarapura Kaja agar menjadi lebih baik kedepan.

Related

Warta Semarapura 342324168803400985

Post a Comment

emo-but-icon

item