Tips Memilih Nanas yang Matang Sempurna

Tips Memilih Nanas yang Matang Sempurna

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali     Buah nanas yang memiliki rasa segar kerap digemari banyak orang untuk disajikan sebagai penganan. Mulai dari rujak, asinan, hingga campuran salad kerap dihiasi warna cerah dan rasa segar nanas.

Untuk mendapatkan nanas terbaik dengan kematangan sempurna, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Mengutip Spoon University, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nanas yang matang sempurna.
Beli saat musim

Meskipun nanas biaanya selalu tersedia setiap hari, ternyata kualitas terbaik tetap didapat saat tiba musimnya. Musim nanas terjadi pada Maret hingga Juli, atau memasuki musim panas.

Perhatikan warna

Warna jadi indikator utama mengukur kematangan nanas. Untuk melihat tingkat kematangan sempurna, nanas biasanya memiliki warna kuning keemasan.
Tekan buah

Nanas yang sudah matan memiliki tekstur cukup empuk. Anda bisa menekannya dengan jari untuk merasakan apakah nanas terasa empuk atau keras. Usahakan tidak membeli nanas dengan tekstur keras.

Cium nanas

Mencium atau mengendus nanas jadi cara termudah untuk mengenali tingkat kematangan. Nanas yang sudah matang akan mengeluarkan bau harum. Jika ada aroma fermentasi, sebaiknya jangan dibeli.

Selain tips di atas, ada baiknya Anda juga mengetahui jika nanas matang hanya bertahan sekitar dua hari pada suhu ruangan. Untuk menjaga kesegarannya, nanas sebaiknya dipotong-potong dan simpan dalam wadah tertutup lalu letakkan di dalam lemari es. Nanas yang disimpan dalam lemari es bisa bertahan hingga satu minggu.


























sumber : CNNIndonesia.com

Related

Gaya Hidup 3646274375835485384

Post a Comment

emo-but-icon

item