Kisah Pria Prancis yang Mendapat Tiga Kali Transplantasi Wajah

Transplantasi Wajah-Jerome Hamon

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Seorang pria di Prancis menjadi manusia pertama di dunia yang menerima transplantasi wajah lebih dari dua kali.
Transplantasi pertama yang dilakukan Jérôme Hamon -- nama pria tersebut, mengalami penolakan oleh tubuhnya akibat antibiotik yang tidak kompatibel saat terserang flu.
Dikutip dari BBC pada Rabu (18/4/2018), pria berusia 43 itu terpaksa hidup tanpa wajah selama dua bulan di sebuah rumah sakit di Paris, hingga menemukan donor yang tepat.
Hamon diketahui menderita neurofibromatosis tipe 1, yakni sebuah kondisi genetik yang menyebabkan munculnya beberapa tumor secara bersamaan di wajahnya.
pertamanya dilakukan pada 2010, dan terbilang sukses. Namun, ketika ia terserang flu pada 2015 -- dan kemudian diberi antibiotik, tenyata tidak kompatibel dengan pengobatan imunosupresif yang dijalaninya.
Tanda-tanda penolakan antibiotik, pertama kali muncul pada 2016 dan kemudian berlanjut November lalu, sehingga mengharuskan ia melepas wajah transplantasinya.
Selanjutnya, Hanom "dikarantina" di sebuah ruangan di rumah sakit Georges-Pompidou, Paris, tanpa memiliki wajah. Akibatnya, ia kesulitan untuk melihat, berbicara, dan mendengar.
Baru pada awal 2018, Hanom mendapatkan pendonor untuk transplantasi wajahnya.
Untuk menghindari penolakan kembali oleh tubuhnya, Hamon yang dijuluki "pria dengan tiga wajah" oleh media Prancis, harus menjalani perawatan khusus untuk membersihkan darah sebelum transplantasi.




































sumber : liputan6.com

Related

Info Unik 8602953529738720824

Post a Comment

item