4 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Transportasi Umum

4 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Transportasi Umum

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Salah satu momen yang paling ditunggu di bulan Ramadan adalah mudik ke kampung halaman saat Lebaran tiba. Pasalnya, mudik menjadi momen untuk bertemu dengan keluarga yang tinggal berjauhan maupun bersilaturahmi dengan sesama umat muslim.

Ada dua alternatif untuk melakukan perjalanan mudik, yaitu dengan kendaraan pribadi atau menggunakan moda transportasi umum. Tak bisa dipungkiri, transportasi umum ternyata masih menjadi pilihan banyak orang untuk mudik. Hal tersebut untuk menghindari risiko kelelahan berkendara sepanjang perjalanan mudik.

Banyaknya peminat transportasi umum tentu menjadi tantangan tersendiri, khususnya saat mencari tiket. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan tips-tips berikut ini agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman saat menggunakan transportasi umum. 

Susun Perencanaan yang Matang
Jika memilih transportasi umum sebagai angkutan mudik, maka Anda harus melakukan persiapan yang benar-benar matang. Sebaiknya, mulailah mencari tiket pesawat, kereta api, ataupun bus jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan.

Selanjutnya, Anda bisa menentukan tanggal keberangkatan mudik yang pas dengan jadwal cuti yang diajukan. Tak hanya itu, Anda bisa melihat tanggal keberangkatan dengan harga tiket termurah dan bantuan fitur Best Price Finder melalui Traveloka.

Jika sudah menemukan tanggal keberangkatan yang cocok, Anda bisa segera mengajukan permohonan cuti. Dengan begitu, Anda bisa menghindari bentroknya cuti dengan rekan kerja maupun mencicil pekerjaan. 
Mencari Alternatif Transportasi
Jika ternyata Anda kehabisan tiket langsung ke kampung halaman, maka cobalah untuk mencari alternatifnya. Anda bisa menggunakan alternatif flight transit ke kota terdekat tujuan utama untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan pesawat lainnya ke kampung halaman.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kereta lanjutan yang bisa Anda cari melalui Traveloka. Nantinya, Anda akan diberikan berbagai pilihan rute kereta dengan kota transit berbeda hingga sampai ke tujuan utama. Jadi, Anda cukup memilih rute mana yang paling cepat dan tepat bagi perjalanan mudik. Cukup mudah, bukan?

Kedua alternatif itu tentu bisa Anda pilih agar bisa tetap mudik ke kampung halaman saat libur Lebaran. Jika membutuhkan waktu yang cukup lama untuk transit, Anda juga bisa menginap hotel yang berada di dekat stasiun atau bandara untuk beristirahat. 
Selalu Waspada
Langkah baik untuk mudik dengan kendaraan umum adalah selalu waspada dan tetap menjaga diri. Hindari tempat sepi saat menunggu transportasi umum untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak terduga.

Namun, bukan berarti Anda boleh lengah saat di tempat ramai. Anda justru harus tetap waspada terhadap keluarga maupun barang bawaan. Hal ini untuk menghindari pencurian maupun tindak kejahatan yang bisa terjadi selama perjalanan. Selain itu, sebaiknya Anda berhati-hati dengan orang yang baru dikenal. Hindarilah bertukar informasi yang sifatnya personal agar tidak membahayakan Anda dan keluarga. 
Gunakan pakaian yang nyaman
Hal terpenting lainnya saat mudik dengan transportasi umum adalah mengenakan pakaian yang nyaman. Pilihlah pakaian yang terbuat dari katun, sehingga dapat lebih cepat menyerap keringat dan membuat Anda tetap nyaman saat berada di cuaca panas.

Siapkan pula jaket atau sweater untuk mengatasi suhu dingin akibat AC pesawat, kereta api, maupun bus. Untuk itu, Anda bisa memilih baju hangat yang tak terlalu besar agar bisa dengan mudah dimasukkan kembali ke tas saat tidak dibutuhkan.

Selain itu, hindarilah penampilan yang terlalu mencolok. Gunakan pakaian dengan warna netral dan hindari penggunakan aksesori atau perhiasan yang berlebihan. Dengan begitu, Anda tidak akan mengundang perhatian para pelaku kejahatan.

Itulah tips-tips yang harus Anda perhatikan dan lakukan agar perjalanan mudik dengan transportasi umum dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Hal terpenting yang tak lupa perlu Anda lakukan adalah menjalani setiap kondisi perjalanan dengan bahagia. Selamat mudik, semoga selamat hingga lokasi tujuan, ya!





























sumber : CNNIndonesia.com

Related

Gaya Hidup 244059596361416209

Post a Comment

item