Gedung Putih: Trump Beri Selamat kepada Putin

Gedung Putih: Trump Beri Selamat kepada Putin

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Presiden AS Donald Trump memberikan ucapan selamat kepada Presiden Rusia Vladmir Putin yang telah disumpah menjadi Presiden Rusia untuk masa jabatan keempat kalinya. Hal itu disampaikan Gedung Putih, sekaligus menyoroti pentingnya kebebasan berkumpul pasca-insiden penangkapan massal para pemrotes Putin. 

"Presiden [Trump] memberi selamat kepadanya dan menantikan saat kami bisa memiliki hubungan yang baik dengan Rusia," kata Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders kepada wartawan, seperti dilansir AFP, Selasa (8/5). 
"Namun, Amerika Serikat percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk didengar dan berkumpul dengan damai." 

Pada Sabtu lalu, sekitar 1.600 pemrotes termasuk lawan paling vokal Putin, Alexei Navalny, ditahan saat unjuk rasa nasional menentang pemimpin Rusia dengan slogan "Putin Bukan Tsar Kami." Tsar adalah gelar untuk Raja-raja Rusia di masa lalu. 

Putin kembali dilantik menjadi Presiden Rusia untuk keempat kalinya pada Senin (7/5). Di Istana Kremlin yang penuh ornamen, Putin mengucap sumpah sambil berdiri di Aula Andreyvesky.
Dia memegang salinan konstitusi berlapis emas dan bersumpah untuk melayani rakyat, melindungi hak dan kebebasan serta melindungi rakyat Rusia. 

Putin dilantik untuk masa jabatan enam tahun ke depan setelah memenangkan lebih dari 70 persen suara dalam pilpres dua bulan lalu. 

Alexei Navalny yang menjadi pesaing Putin yang paling kuat, dilarang mencalonkan diri dalam pemilihan presiden dua bulan lalu.
































sumber : CNNIndonesia.com

Related

Dunia 3698171316532099232

Post a Comment

item