Diskes Rancang Imunisasi Rubella Serentak

www.nusabali.com-diskes-rancang-imunisasi-rubella-serentak

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali     Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Denpasar mulai menyiapkan rancangan imunisasi Measles Rubella (MR) secara serentak di Kota Denpasar. Imunisasi itu akan dilakukan mulai bulan Agustus hingga September 2018 menyasar anak umur 9 bulan di 4 kecamatan di Kota Denpasar. Hal itu dilakukan menyusul penyebaran virus Japanese Encephalitis (JE) yang sekaligus antisipasi dari imunisasi Rubella ini. 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Denpasar dr Ida Bagus Ekaputra saat dikonfirmasi seusai pelaksanaan sosialisasi imunisasi Campak dan Rubella Selasa (17/7) di ruang pertemuan Sewaka Mahottama Gedung Sewaka Dharma, Lumintang mengungkapkan, imunisasi RM ini akan dilakukan serentak setelah dilaksanakannya imunisasi JE. Pemberian imunisasi ini karena dapat menular dan menyebabkan cacat pada anak usia dini. 

“Kasus Rubella menyebabkan cacat lahir bila terinfeksi selama masa kehamilan, ini tidak ada obatnya sehingga pencegahan melalui imunisasi menjadi penting yang nantinya anak setelah imunisasi dapat kebal seumur hidup,” ujarnya.

Jadi dengan kondisi penyebaran virus ini di Indonesia, pihaknya melakukan vaksinasi secara gratis untuk anak di Denpasar. Dengan vaksinasi tersebut diharapkan penyakit yang ditimbulkan oleh virus JE dan Rubella bisa diminimalisir. "Kami juga harapkan dengan vaksinasi ini tidak ada lagi virus menyerang anak-anak di Denpasar," jelasnya. 

dr Eka Putra mengungkapkan, selama ini Diskes terus melakukan kerjasama dengan beberapa instansi, seperti sekolah, rumah sakit, puskesmas, hingga desa/kelurahan untuk melakukan sosialisasi kepada orang tua agar melakukan vaksinasi Rubella untuk mengantisipasi virus tersebut. "Bahkan kami sudah lakukan sosialisasi untuk terus meningkatkan kewaspadaan dengan mencegah Rubella menyerang ke anak-anak dengan melakukan vaksinasi," imbuhnya. 

Dengan vaksinasi gratis yang akan dilakukan, dr Eka menghimbau kepada masyarakat yang memiliki anak berumur 9 tahun dan di bawah 15 tahun agar membawa anaknya ke tempat pelaksanaan vaksinasi di seluruh kecamatan di Denpasar. "Kami imbau kepada masyarakat jangan ragu untuk datang ke tempat pelayanan vaksin. Vaksinasi itu diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun," tandasnya.







































sumber : nusabali.com

Related

Seputar Bali 436689967753760685

Post a Comment

item